Comscore Tracker

Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1

Wah, skuat Madura United semua diisi pemain bintang ternyata

Jakarta, IDN Times - Dari 18 kontestan Liga 1 2019 yang tengah melakukan persiapan, Madura United adalah salah satu tim yang paling ambisius untuk meraih gelar juara. Hal itu diperlihatkan dari keagresifan mereka di bursa transfer.

Beberapa pemain bintang berhasil didaratkan oleh manajemen Laskar Sappe Kerap --julukan Madura United-- musim ini, sebut saja Beto Goncalves, Zulfiandi, Andik Vermansyah, dan Muhammad Ridho. Tak kalah mentereng di posisi pemain asing, bek Persija, Jaimerson dan Silva dan topskorer Liga 1, Alexander Rakic membuat skuat Madura United begitu ditakuti musim ini.

Tak salah jika Madura United kali ini dijuluki sebagai Los Galaticos dan menjadi salah satu tim unggulan yang bakal meraih gelar juara pada kompetisi paling elite di Tanah Air musim ini.

1. Meski dihuni banyak bintang, Madura United belum menunjukkan kapasitasnya

Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1pialapresiden.id

Wajar jika musim ini Madura United jorjoran dalam urusan mendatangkan pemain berkualitas. Sebab, mereka selalu gagal meraih gelar juara walau setiap musim menargetkannya. Teranyar, mereka cuma mampu finis di peringkat kedelapan dengan meraih 48 poin atau selisih 14 angka dari Persija Jakarta yang berada di puncak klasemen.

Akan tetapi, Madura United belum menunjukkan gelagatnya sebagai salah satu tim yang difavoritkan menjadi juara. Hal itu bisa dinilai dari performa Zah Rahan dan kolega yang belum bisa berbuat banyak karena cuma bisa mencapai babak semifinal di turnamen pramusim bertajuk Piala Presiden 2019.

Secara keseluruhan, Madura United memang kurang mendapat hasil yang tidak terlalu istimewa selama pra musim. Dari 10 laga yang sudah dijalani, termasuk Piala Indonesia dan Piala Presiden, Madura United cuma berhasil menang enam kali, dua seri, dan satu sisanya menderita kekalahan.

2. Lesu di Indonesia, Dejan Antonic berprestasi di Liga Hong Kong

Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1Dokumentasi Madura United

Hal itu tentu jadi ultimatum bagi pelatih Madura United, Dejan Antonic. Sebab, performa Madura United masih belum sesuai harapan sehingga menimbulkan keraguan besar terhadap kapasitas eks pelatih Persib itu. Padahal, target Madura United musim ini adalah menjadi juara di Liga 1.

Jika menilik rekam jejaknya dalam beberapa tahun terakhir, prestasi Dejan dalam menangani tim sedikit menurun. Musim lalu, pelatih asal Serbia itu cuma bisa membawa Boreno FC finish di posisi ketujuh. Sebelumnya lebih tragis, dianggap gagal meningkatkan performa tim, Dejan harus angkat kaki dari Persib saat berkompetisi di Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 lalu.

Padahal, beberapa tahun ke belakang, prestasi Dejan berhasil menorehkan prestasi tertinggi dengan membawa Pelita Bandung Raya (PBR) menjadi underdog di Indonesia Super League 2014 dan berhasil melaju hingga babak semifinal.

Di luar Indonesia, pestasinya juga terbilang cukup baik. Ia berhasil membawa Kitchee FC berjaya dan tampil perkasa di Liga Hong Kong karena mampu mempersembahkan dua gelar Hong Kong League Cup (2005 dan 2006), serta gelar Hong Kong Senior Shield Cup pada tahun 2005.

Baca Juga: Madura United 'Sekolah' ke Persebaya 

3. Starting eleven Madura United paling komplit

Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1Twitter/@MaduraUnitedFC

Di luar keraguan publik akan kapasitasnya, Dejan tentu banyak diuntungkan dengan berjubelnya pemain berkualitas yang ada di dalam skuat Madura United. Ia bisa leluasa menurunkan pemain masa saja dengan formasi terbaik yang diinginkannya.

Untuk sektor depan, Dejan hampir dipastikan bakal mengandalkan Rakic sebagai ujung tombak. Ia akan ditopang penyerang sayap yang memiliki kemampuan individu dan kecepatan di atas rata-rata macam, Andik dan Greg Nwokolo. Alternatif lain tentu mengarah ke Beto, sapaan akrab Alberto Goncalves yang sudah tak diragukan lagi kualitasnya.

Sedangkan untuk pemain tengah, Asep Berlian, Zah Rahan, dan gelandang andalan Timnas Indonesia era Luis Milla, yakni Zulfiandi nampaknya bakal jadi poros kendali permainan di lapangan. Ketiganya pun memiliki serep yang tak kalah baik secara kualitas, karena masih ada nama Asep berlian, Syahrian Abimanyu, atau David Lally.

Terakhir untuk kuartet lini belakang, Alfath Fathier (bek kiri), Fachrudin Aryanto (bek tengah), Jamie (bek tengah), Marckho Meraudje (bek kanan) bakal melengkapi starting eleven paling mewah di Liga 1 musim ini.

4. Daftar pemain Madura United di Liga 1 2019

Profil Madura United: Ambisi Los Galaticos Raih Gelar Juara Liga 1pialapresiden.id

Jika Dejan bisa memadukan para pemain yang cukup mentereng ini, besar kemungkinan Madura United sulit dikalahkan oleh para pesaingnya. Hal itu akan memudahkan langkah mereka untuk menjadi yang terbaik di kompetisi musim ini.

Daftar pemain Madura United di Liga 1 2019

Kiper: Muhammad Ridho, Satria Tama, Rafit Ikhwanudin, Muhammad Ridwan.

Bek: Guntur Ariyadi, Jaimerson Xavier (asing), Rendika Rama, Kadek Raditya, Fandry Imbiri, Marckho Meraudje, Fachrudin Aryanto, Alfath Fathier.

Gelandang: Asep Berlian, Slamet Nurcahyono, David Laly, Gufroni Al Maruf, Rinto Ali, Syahrian Abimanyu, Zah Rahan Krangar(asing), Andik Vermansyah, Zulfiandi.

Penyerang: Engelberd Sani, Aleksandar Rakić (asing), Greg Nwokolo, Beto Goncalves, Fajar Ramadhan.

Baca Juga: Ditawar Persija dan Madura United, Robert Alberts Pilih Persib 

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Dwi Agustiar

Just For You