PSG Tunggu Lawan di Liga Champions, Mungkinkah All French Final?

Lyon harus lebih dulu jinakkan Bayern jika ingin jumpa PSG

Jakarta, IDN Times - Paris Saint-Germain (PSG) selangkah lagi mencatatkan sejarah anyar di Liga Champions 2019/2020. Mereka berhasil lolos ke final kompetisi tersebut usai meraih kemenangan telak 3-0 atas RB Leipzig di Estadio da Luz, Rabu (19/8/2020) dini hari WIB.

Pelatih PSG, Thomas Tuchel, menyebut jika anak asuhnya layak tampil di babak final. Menurut dia, anak asuhnya sudah menunjukkan kerja keras luar biasa di lapangan, seakan mereka adalah tim yang sangat ambisius.

"Ini menakjubkan! Kami bisa menang dan menuju babak final. Pemain sudah melakukan yang terbaik. Mereka menunjukkan kelas, kualitas, dan lapar kemenangan. Itu jadi kombinasi yang bagus untuk meraih kemenangan," kata Tuchel dikutip RMC Sport.

1. PSG selangkah lagi bikin sejarah paling mengesankan selama klub berdiri

PSG Tunggu Lawan di Liga Champions, Mungkinkah All French Final?fcn.de

Musim ini, PSG benar-benar sudah sangat dekat dengan sejarah anyar. Maklum, lolos ke babak final saja sudah membuat catatan anyar bagi perjalanan klub di kompetisi paling elite antarklub Eropa ini. Mereka untuk pertama kalinya berhasil maju ke partai puncak Liga Champions sejak didirikan 1970.

Jika pada babak final nanti berhasil menang, sejarah paling mentereng klub bisa dipecahkan Neymar dan kolega.

Namun, mereka tak bisa dengan mudah meraih kemenangan di final nanti. Walau dipenuhi pemain mentereng, laga final merupakan pertarungan mental. Selain itu, calon lawan mereka pun memiliki kekuatan yang cukup baik, yakni antara Bayern Munich dan Olympique Lyon yang saling berhadapan di semifinal Liga Champions 2019/2020, Kamis dini hari nanti.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo ke PSG? Gak Mungkin!

2. PSG menunggu Olympique Lyon atau Bayern Munich di babak final

PSG Tunggu Lawan di Liga Champions, Mungkinkah All French Final?foxsports.com

Olympique Lyon merupakan seteru berat PSG di Ligue 1. Namun, mereka tak diunggulkan dibandingkan lawannya. Selain tampil kurang meyakinkan musim ini, secara kualitas tim Bayern masih jauh lebih unggul dari wakil Prancis itu.

Hal serupa pun dirasakan oleh Tuchel terkait calon lawannya nanti di babak final Liga Champions 2019/2020. Dia tak memungkiri jika Bayern Munich jadi tim yang diunggulkan untuk jadi calon lawan mereka, tapi dia tak yakin prediksi itu 100 persen benar.

"Kami paham, pada babak final nanti Bayern jadi tim yang diprediksi bakal jadi lawan PSG, tapi kita tak bisa mendahului takdir, karena ini adalah pertandingan sepak bola," ujar pelatih berusia 46 tahun itu.

3. Final ideal Liga Champions 2019/2020 adalah PSG vs Bayern

PSG Tunggu Lawan di Liga Champions, Mungkinkah All French Final?psgtalk.com

Namun jika harus menilai, tentu publik lebih menginginkan PSG bisa berhadapan dengan Bayern Munich pada partai pamungkas Liga Champions 2019/2020. 

Tak mempedulikan hal itu, Tuchel lebih memilih fokus menyiapkan timnya. Dia masih harus berbenah agar Angel di Maria dkk. bisa menyelesaikan satu misi berat pada final nanti. Terlebih, ini jadi pengalaman pertama yang cukup berat bagi sang pelatih.

"Final itu akan menjadi tantangan terbesar dalam karier saya sebagai pelatih," tukas dia.

Baca Juga: Neymar, Mbappe, Choupo-Moting Trio Juru Selamat PSG

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya