PSSI Belum Tentukan Stadion untuk Kulaifikasi Piala AFC U-23

Shin Tae Yong dipastikan terlambat pimpin TC

Jakarta, IDN Times - Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah babak kualifikasi Piala Asia U-23 pada 23-31 Oktober 2021. Namun Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belum menentukan venue pertandingan yang bakal digunakan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengungkapkan sebetulnya pihaknya sudah menyiapkan beberapa opsi stadion yang bakal digunakan dan panitia pelaksana (panpel) juga terus berkoordinasi dengan konfederasi sepak bola Asia (AFC).

"Semuanya sudah dalam proses. Namun, karena masih Oktober dan belum diberi batas waktu oleh AFC, PSSI masih memepertimbangkan beberapa hal, termasuk perkembangan tentang situasi pandemik COVID-19,” kata Yunus ketika dihubungi IDN Times, Jumat (16/7/2021). 

1. Belum menentukan pertandingan digelar di dalam atau di luar Jawa

PSSI Belum Tentukan Stadion untuk Kulaifikasi Piala AFC U-23Instagram.com/affsuzukicup

Pemerintah tengah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali 3-20 Juli 2021. Bahkan durasinya bakal diperpanjang hingga 17 Agustus mendatang. Hal itu tentu membuat persiapan PSSI sedikit mepet.

Walhasil, PSSI pun belum bisa menentukan apakah babak kualifikasi Piala Asia U-23 bisa digelar di Jawa atau luar Jawa. Mereka juga belum bisa memutuskan jika pertandingan akan dilangsungkan hanya di satu stadion saja atau lebih. 

“Kami masih menunggu setelah kepastian perkembangan pandemik membaik. Kami juga sudah mengirimkan surat tentang penggunaan stadion ke Bupati, Wali Kota atau Gubernur terkait, nanti baru bisa kami umumkan tempatnya di mana,” ujar Yunus.

2. Bersaing di Grup G

PSSI Belum Tentukan Stadion untuk Kulaifikasi Piala AFC U-23instagram.com/allabouttimnasu19

Timnas Indonesia dipastikan tergabung dalam Grup G babak kualifikasi Piala AFC U-23 2022. Hal itu terungkap usai federasi sepak bola Asia (AFC) rampung menggelar undian di Malaysia pada Jumat (9/7/2021). 

Skuad Garuda nantinya bakal berhadapan dengan Australia, Tiongkok, dan Brunei Darussalam. Mereka menargetkan bisa lolos ke putaran final lantaran mendapat keuntungan bermain sebagai tuan rumah. 

"Kami menargetkan Indonesia dapat lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2022. Apalagi di Kualifikasi Piala AFC U-23 2022 kami menjadi tuan rumah Grup G," kata Yunus. 

3. Bakal gelar TC di luar Jawa

PSSI Belum Tentukan Stadion untuk Kulaifikasi Piala AFC U-23Asnawi Mangkualam saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia di Dubai. (pssi.org).

PSSI sendiri sudah memastikan persiapan Timnas Indonesia menghadapi kualifikasi Piala Asia U-23 dimulai pada 1 Agustus 2021. Namun demikian, pemusatan latihan (TC) kali ini dipastikan bakal digelar di luar Jawa. Skuat Garuda akan ditempa di Samarinda (Kalimantan Timur) atau Palembang (Sumatera Selatan), lantaran masuk dalam zona hijau pandemik COVID-19.

Namun demikian, Timnas U-23 tak akan dipimpin langsung Shin Tae Yong lantaran masih berada di negaranya. Ia bakal mengawasi anak asuhnya secara daring beberapa hari sebelum tiba kembali ke Indonesia pada 6 Agutus 2021.

Baca Juga: 6 Pelatih Top yang Belum Pernah Menangani Timnas, Ada Pep dan Mourinho

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya