Comscore Tracker

PSSI Bertemu KNVB, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Belanda?

PSSI juga bertemu perwakilan Ajax dan Feyenoord

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ternyata punya misi lain mengunjungi Belanda. Selain memantau pemain keturunan, mereka coba menjajaki kerja sama dengan federasi sepak bola Belanda (KNVB) dan dua klub di sana, yakni xAjax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya PSSI mengirim Direktur Teknik Indra Sjafri dan Coach Jongjin Kim, dan Utusan Khusus Hamdan Hamedan mengunjungi KNVB beberapa pekan lalu. 

1. Meminta masukan soal filosofi sepak bola hingga youth development

PSSI Bertemu KNVB, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Belanda?Perwakilan PSSI saat menemui perwakilan Ajax Amsterdam dalam pertemuan di Belanda. (Dok. PSSI)

Selain bertukar ide terkait best-practices di bidang Scouting, Coach Education, Youth Development, Sepakbola Wanita dan “Pengelolaan Timnas” - kedua pihak juga menjajaki potensi training camp di Belanda serta pertandingan uji coba antara tim U-20 Indonesia melawan tim U-20 Belanda.

“Saya tertarik mengajak Ajax untuk ikut memberikan masukan dalam filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia). Kami juga menjajaki potensi pemain muda Indonesia bermain di kedua klub tersebut, atau setidaknya melakukan trial di sana,” kata Indra dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: Marc Klok Apresiasi Terjalinnya Kolaborasi KNVB dan PSSI 

2. PSSI dan KNVB ingin meningkatkan hubungan baik

PSSI Bertemu KNVB, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Belanda?Sekjen KNVB, Gijs de Jong. (IDN Times/Tino).

Diskusi PSSI, KNVB hingga klub-klub Belanda itu pun terus meluas. Mereka ingin meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Belanda.

Sehingga, “Diplomasi Sepak Bola” yang tengah digodok mereka, menjadi pintu masuk bagi para pemain asal Indonesia untuk berkarier di liga Belanda.

3. PSSI sudah dapat laporan soal siapa saja pemain keturunan yang bisa bela Timnas U-20

PSSI Bertemu KNVB, Pemain Indonesia Bisa Berkarier di Belanda?Kai Boham, calon pemain naturalisasi Timnas U-19. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan yang menugasi delegasi ke Belanda sudah menerima laporan secara lengkap, termasuk nama-nama calon pemain keturunan yang secara teknis disetujui Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, untuk memperkuat Timnas U-20.

Namun, sejauh ini belum ada lagi nama pemain muda yang santer dikabarkan siap membela skuad Garuda Muda.

Baca Juga: 10 Fakta Jim Croque, Striker Belanda yang Punya Darah Keturunan Jawa

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya