PSSI dan LIB Matangkan Teknis Pelaksanaan Liga 2

Liga 2 bakal diikuti 24 tim yang dibagi dalam empat grup

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terus mematangkan persiapan menggelar Liga 2 musim ini. Mereka pun kini mulai membahas teknis pelaksanaan kompetisi kasta kedua Indonesia tersebut.

Bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSSI membahas hal itu dalam rapat yang digelar pada Rabu (15/9/2021). 

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan memimpin rapat tersebut bersama Wakil Ketua Umum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Wasekjen Maaike Ira Puspita, Dirtek Indra Sjafri, Dirut LIB Akhmad Hadian Lukita, dan Dirops LIB Sudjarno. 

"Hari ini kami mematangkan teknis untuk pelaksanaan Liga 2 2021 nanti. Besok Kamis (16/9) kami akan menggelar manajer meeting bersama seluruh perwakilan klub Liga 2 2021," kata Iriawan dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: PSSI Siap Gelar Liga 2 pada September 2021

1. Liga 2 bakal diikuti 24 klub yang terbagi dalam empat grup

PSSI dan LIB Matangkan Teknis Pelaksanaan Liga 2Liga-Indonesia.id

Kompetisi Liga 2 2021 direncanakan bakal diikuti 24 klub dan dibagi dalam empat grup. Nantinya, kompetisi ini juga bakal menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sama halnya dengan apa yang diberlakukan di Liga 1 musim ini.

"Intinya kami telah siap menggelar Liga 2 2021 dengan protokol kesehatan yang ketat dan pertandingan masih tanpa penonton,” ujar pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut. 

“Untuk klub yang terpilih menjadi tuan rumah babak penyisihan grup Liga 2 2021, kami melakukan verifikasi terlebih dulu. Kemudian kami juga akan mempertimbangkan terkait kondisi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di kota masing-masing. Pada saat manajer meeting kami akan umumkan empat tuan rumah penyisihan grup,” lanjut Iriawan.

Baca Juga: PSSI Sepakat Laga Kualifikasi Piala Asia Diundur ke Oktober

2. PT LIB sebut Liga 2 digelar pada 26 September 2021

PSSI dan LIB Matangkan Teknis Pelaksanaan Liga 2twitter.com/PSSleman

Sebelumnya, Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru, Sudjarno, menyebut Liga 2 2021/22 dijadwalkan bakal digelar pada 26 September 2021 mendatang. Untuk izin, sudah turun dari pihak kepolisian bersamaan dengan izin Liga 1.

"Insya Allah kami akan laksanakan pada 26 September 2021. Untuk perizinan, kami sudah mengajukannya bersamaan dengan Liga 1. Nah, Liga 2 kami beritahu tempatnya, kemungkinan di luar Jawa, tentu sangat paralel dengan kebijakan PPKM," ujar Sudjarno.

3. Bakal segera umumkan tuan rumah babak penyisihan

PSSI dan LIB Matangkan Teknis Pelaksanaan Liga 2IDN Times/Galih Persiana

LIB sedang melakukan verifikasi terhadap calon-calon tuan rumah untuk Liga 2. Total, ada 11 tim yang mengajukan diri jadi tuan rumah. Dalam waktu dekat, LIB bakal segera melakukan verifikasi terhadap 11 tim tersebut. Setelah tuan rumah didapatkan, baru LIB mengumumkan undian grup secara resmi.

Untuk format Liga 2 sendiri, Sudjarno menjabarkan LIB bakal menerapkan format double round robin. Setiap tim akan main 10 kali selama penyisihan, dan nantinya dari situ, kompetisi berlanjut ke babak delapan besar. Total, akan ada 136 laga terselenggara di Liga 2 sampai 19 Desember 2021.

Baca Juga: PT LIB Harap Jadwal Liga 1 2021/22 Normal Lagi Pekan Depan

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya