PSSI Geber Kesiapan untuk Gunakan VAR di Liga 1

Wasit Indonesia masih butuh pelatihan untuk penggunaan VAR

Jakarta, IDN Times - Federasi tertinggi sepakbola Indonesia, PSSI, terus mematangkan rencananya untuk segera menerapkan Video Assistant Referee (VAR) untuk kompetisi Liga 1. Bahkan, organisasi yang kini dipimpin Iwan Budianto tersebut sudah mengajukan penggunaan alat bantu tersebut ke FIFA.

Penggunaan VAR untuk Liga 1 ini sudah menjadi keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI pada akhir bulan Mei 2019 lalu. PSSI pun langsung menyiapkan kajian yang terkait regulasi berdasarkan peraturan FIFA untuk bisa menggunakan VAR di Liga 1.

1. PSSI akan siapkan pelatihan terlebih dahulu untuk wasit agar bisa gunakan VAR

PSSI Geber Kesiapan untuk Gunakan VAR di Liga 1pssi.org

Sejauh ini, PSSI sendiri sedang melakukan penyusunan linimasa untuk pelatihan dari FIFA bagi para wasit agar bisa mengaplikasikan VAR nantinya. Sebab, wasit di Tanah Air masih belum berpengalaman menggunakan alat tersebut dalam suatu pertandingan.

“PSSI sudah membuka pembicaraan dengan provider atau penyedia teknologi VAR,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, dilansir laman resmi PSSI. Ditambahkan, untuk penggunaan VAR, harus melewati protokol yang telah diatur oleh FIFA dan PSSI akan menjalani semua tahapan yang dimulai hari ini.

Baca Juga: Wow, VAR Mulai Diterapkan di Sepak Bola Medan

2. PT. LIB diminta segera membuat kajian untuk anggaran dan infrastruktur VAR

PSSI Geber Kesiapan untuk Gunakan VAR di Liga 1express.co.uk


Sementara, PT. Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi, diminta untuk segera membuat kajian dari sisi anggaran dan insfrastruktur di tengah persiapan yang dilakukan PSSI.

Dalam pengaplikasian VAR, banyak orang yang harus terlibat di dalamnya. Minimal ada tiga operator yang terdiri dari dua wasit yang telah tersertifikasi training dan satu operator yang juga telah tersertifikasi, dan empat orang wasit serta asisten di lapangan yang telah melewati training untuk bisa menjalankan VAR dalam satu pertandingan.

3. VAR digunakan jika wasit kesulitan memutuskan kejanggalan yang terjadi di lapangan

PSSI Geber Kesiapan untuk Gunakan VAR di Liga 1fifa.com

Metode Video Assistant Referee (VAR) merupakan metode baru yang pertama kali diimplemantasikan FIFA pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Dalam penerapannya, tak semua pelanggaran memerlukan bantuan VAR. Kalau wasit merasa pelanggaran yang terjadi sudah dianggap jelas dan yakin dengan keputusan yang diambilnya, VAR tidak diperlukan lagi.

VAR digunakan mana kala wasit merasa ada kejanggalan dalam pengambilan keputusannya. Wasit kemudian berkomunikasi melalui sistem cek ke VAR. Setelah itu baru ditampilkan tayangan ulang VAR. Bukan permintaan pemain atau tim, tapi langsung keputusan wasit.

Baca Juga: [BREAKING] Liga 1 2019 akan Gunakan VAR di Sisa Kompetisi Tahun Ini

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya