Comscore Tracker

PSSI Gelar Rapat Exco, RUPS akan Digelar pada 18 Mei

Sebanyak 18 klub sepakat meminta RUPS Luar Biasa

Jakarta, IDN Times - PSSI rampung menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) yang via telekonferensi video, Selasa, (12/5). Rapat yang dihadiri seluruh anggota Exco yang berjumlah 15 orang itu pun menghasilkan beberapa keputusan, termasuk meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Menurut Plt. Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, terkait surat permohonan seluruh kontestan Liga 1 2020 selaku pemegang 99 persen saham PT LIB yang menginginkan segera digelarnya RUPS, sesuai Undang-Undang Perseroan Terbatas, maka perusahaan yang jadi operator kompetisi ini harus segera mewujudkannya.

“Apalagi ini sudah mutlak, 18 klub Liga 1 atau 99 persen pemegang saham bersikap. Selanjutnya, PSSI sebagi pemegang 1 persen saham menyampaikan surat kepada PT LIB untuk melaksanakan RUPS,” kata Yunus dalam rilis yang diterima IDN Times, Rabu (13/5) dini hari WIB.

1. Pada rapat Exco diputuskan RUPS PT LIB digelar pada 18 Mei

PSSI Gelar Rapat Exco, RUPS akan Digelar pada 18 MeiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Tak hanya itu, dalam rapat tersebut dijelaskan jika RUPS yang digelar bersifat luar biasa. Dan, Seluruh peserta yang ada di rapat Exco sepakat sudah menentukan waktu yang paling cepat dan ideal untuk agenda tersebut.

“Peserta rapat Exco sepakat menyatakan agar RUPS Luar Biasa PT LIB digelar pada 18 Mei 2020,” ujar pria yang aktif di Kosgoro dan sempat menjabat sebagai Ketua Himpunan pengusaha Kosgoro Kaltim pada 2012-2017.

Baca Juga: Persib Tuntut RUPS Digelar, Bahas Transparansi Keuangan PT PBB

2. Sebanyak 14 klub utarakan keinginan untuk RUPS

PSSI Gelar Rapat Exco, RUPS akan Digelar pada 18 MeiDirektur Madura United, Haruna SOemitro. (ANTARA FOTO/Syaiful Arif/pras.)

Keputusan tersebut tentu melegakan semua tim yang tampil di kompetisi kasta tertinggi Indonesia itu. Sebab, sebanyak 14 klub mencanangkan agenda RUPSLB melalui surat permintaan yang dikirimkan ke PSSI.

Dalam surat tersebut, mayoritas klub mau menggelar RUPS luar biasa untuk meminta PT LIB menjelaskan perihal kejelasan kompetisi musim ini. Tak hanya itu, mereka juga meminta keterbukaan masalah keuangan dari PT LIB dan bagaimana penyelesaiannya subsidi terhadap klub.

Salah satu anggota Exco PSSI Haruna Soemitro menyebutkan, sampai Sabtu (9 Mei), 14 tim Liga 1 2020 yang mengirimkan surat untuk RUPS luar biasa adalah Arema FC, PSIS, Persebaya, Borneo FC, Madura United, Persija, Bali United, Persela, Persik, Barito Putera, Bhayangkara FC, Persiraja, PSM, dan Persita.

Usai itu, beberapa klub lagi akhirnya menyusul mengirimkan surat permintaan kepada PSSI terkait hal serupa. PSS dan TIRA-Persikabo sepakat dengan klub lainnya. Barulah setelah itu Persipura dan Persib yang akhirnya juga menginginkan RUPSLB.

3. Polemik muncul setelah PT LIB berniat memotong subsidi klub

PSSI Gelar Rapat Exco, RUPS akan Digelar pada 18 MeiIDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Polemik yang ditimbulkan PT LIB itu terkuak ketika mereka memberikan surat pengajuan ke PSSI untuk menyunat subsidi klub Liga 1 dan Liga 2. Hanya saja keputusan tersebut tak melalui persetujuan tiga direksi operator kompetisi tersebut. Apalagi rencana itu dikeluarkan LIB secara sepihak dan telah mendapatkan penolakan dari PSSI.

Pengambilan keputusan yang dianggap tak melalui persetujuan Direksi PT LIB adalah saat Dirut mengirimkan surat permohonan dengan nomor 187/LIB-COR/V/2020 kepada PSSI untuk memangkas subsidi klub Liga 1 menjadi 67 persen dan klub Liga 2 menjadi 40 persen saja dari kesepakatan semula berdasarkan laporan arus kas/proyeksi keuangan yang sudah dihitung.

Selain itu, merebaknya isu nepotisme lantaran Cucu Somantri melakukan manuver dengan mendaftarkan anaknya Pradana Aditya Wicaksana masuk ke jajaran penting PT LIB, tepatnya sebagai General Manager (GM). Walau setelah banyaknya sorotan publik atas kejadian itu Cucu langsung membantahnya.

Baca Juga: Internal PT LIB Memanas, Bali United Setuju Adakan RUPS

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya