Comscore Tracker

PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20

Piala Dunia U-20 digelar di Indonesia pada 2023

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai menyiapkan tim untuk tampil di Piala Dunia U-20. Kali ini, mereka menggelar pemusatan latihan (TC) untuk Timnas Indonesia U-18 yang disiapkan untuk ajang sepak bole paling elite di kelompok umur itu pada 2023.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi menyebut, TC Timnas U-18 direncanakan dimulai 28 Juni hingga 15 Juli 2020. TC kali ini bakal diikuti sebanyak 144 pemain.

"TC ini juga ada sistem promosi dan degradasi untuk pemain. Kami ingin membentuk tim yang solid agar bisa bersaing di Piala Dunia U-20 2023 mendatang, oleh karena itu persiapan dimulai dari bulan ini," ujar Yunus dikutip laman resmi PSSI.

Baca Juga: Media Vietnam Sebut 3 Pemain Timnas Indonesia COVID-19, PSSI Bungkam

1. PSSI sedang siapkan teknis pelaksanaan TC

PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Yunus sudah berdiskusi dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, terkait waktu pelaksanaan TC. Namun, pihaknya masih menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu untuk memastikan pelaksanaan TC berjalan dengan baik.

"Setelah menerima update road map dari pelatih Shin Tae Yong yang menginginkan TC Timnas U-18 dimulai akhir bulan ini. Untuk itu, PSSI akan menyiapkan teknis pelaksanaan TC seperti hotel, tempat latihan dan pemanggilan pemain," kata Yunus.

2. Timnas U-16 juga disiapkan

PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20Timnas U-16 menggelar TC perdana di tengah pandemik COVID-19, Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/PSSI).

Selain menyiapkan Timnas U-18, PSSI juga membentuk tim kategori U-16. Memang, Timnas U-16 juga sudah ditunggu ajang lain.

Mereka harus melakoni dua ajang yang cukup bergengsi, Piala AFF dan Asia. Dua event itu digelar pada 2022 mendatang.

3. Piala Dunia U-20 yang harusnya digelar tahun ini, mundur ke 2023

PSSI Gerak Cepat Siapkan Timnas Piala Dunia U-20Logo Piala Dunia U-20. (pssi.org)

Sejatinya, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Tapi, FIFA secara resmi menunda gelaran Piala Dunia U-20 2021. Melalui keterangan resminya, mereka menyebut penundaan ini merupakan buah dari pandemik COVID-19 yang masih melanda dunia.

FIFA tak begitu saja melepaskan hak Indonesia sebagai tuan rumah, meski Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan. Turnamen antar negara usia muda itu bakal bisa digelar di Tanah Air pada 2023 mendatang.

Baca Juga: Solidaritas Bintang Dunia Protes Piala Dunia 2022 Qatar

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya