Comscore Tracker

PSSI Ikut Bahas Usulan Perubahan Jadwal Piala Dunia di Kongres FIFA 

PSSI juga curhat soal sepak bola Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) ambil bagian dalam Kongres FIFA ke-71 yang digelar virtual pada Jumat (21/5/2021). Pada kongres tersebut muncul sebuah usulan tentang Piala Dunia digelar per dua tahun.

Sebagaimana diketahui, hajat sepak bola terakbar di dunia itu biasanya digelar setiap empat tahun sekali. Namun, beberapa anggota FIFA, salah satunya Arab Saudi mengajukan proposal terkait perubahan interval waktunya lebih cepat, yakni setiap dua tahun sekali.

Tentu hal ini menimbulkan perdebatan, mengingat ajang Piala Dunia merupakan turnamen paling prestisius dan ditunggu semua pecinta sepak bola dunia.

1. Dapat usulan Piala Dunia digelar dua tahun sekali

PSSI Ikut Bahas Usulan Perubahan Jadwal Piala Dunia di Kongres FIFA Kongres FIFA ke-71. (Dok. PSSI).

Presiden FIFA, Giani Infantino menyebut, setiap usulan yang diajukan anggotanya, termasuk Arab Saudi bakal masuk pertimbangan. Namun, ia juga harus menimbang terkait dampak yang ditimbulkan jika ajang itu digelar lebih cepat.

"Kami harus memasuki studi ini dengan pikiran terbuka, tapi kami tidak akan mengambil keputusan yang akan membahayakan apa yang sudah kami lakukan. Kami tahu tentang nilai-nilai Piala Dunia," ujar Infantino dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: PSSI Pastikan Wasit Final Piala Menpora 2021 Berlisensi FIFA

2. FIFA masih mempelajari dampak yang ditimbulkan

PSSI Ikut Bahas Usulan Perubahan Jadwal Piala Dunia di Kongres FIFA fifa.com

Infantino memastikan, pihaknya ingin masuk konteks yang lebih luar, yakni menyangkut kalender laga internasional. 

"Apakah kami benar-benar yakin memainkan kualifikasi sepanjang tahun adalah cara yang tepat ketika kami mengatakan bahwa penggemar menginginkan pertandingan yang lebih baik. Semua poin ini harus dipertimbangkan,” kata dia.

Namun demikian, ia tetap menjamin bakal menempatkan unsur olahraga jadi hal utama dalam pengambilan keputusan, bukan soal komersial.

3. PSSI curhat soal sepak bola Indonesia saat Kongres FIFA

PSSI Ikut Bahas Usulan Perubahan Jadwal Piala Dunia di Kongres FIFA Kongres FIFA ke-71. (Dok. PSSI).

Dalam Kongres FIFA ini, PSSI diwakili Ketua Umum Mochamad Iriawan didampingi Plt Sekjen Yunus Nusi dan Wasekjen Maaike Ira Puspita, juga sempat melaporkan bagaimana kondisi persepakbolaan tanah air.

Dalam kongres yang diikuti 209 anggota itu, PSSI secara terbuka mengucapkan terima kasih atas dukungan FIFA yang terus memperhatikan sepak bola Indonesia lebih berkembang. Hal itu sangat diapresiasi, karena hal itu mempermudah perkembangan bal-balan kini.

"FIFA terus memberikan apresiasi dan dukungan kepada setiap anggotanya agar terus menjalankan program pengembangan dan kemajuan sepak bola. Saat ini, PSSI berharap kompetisi Liga 1 dan 2 dapat bergulir lagi pada bulan Juli 2021 mendatang," kata Iriawan.

"Kongres FIFA tadi berjalan lancar dan PSSI memberikan sejumlah suara pada proses voting yang dilakukan oleh FIFA," lanjut dia.

Baca Juga: Solidaritas Bintang Dunia Protes Piala Dunia 2022 Qatar

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya