Comscore Tracker

PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?

Liga 1 2020 belum mengantongi izin resmi dari kepolisian

Jakarta, IDN Times - Jelang sepak mula gelaran lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama operator kompetisi dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggelar pertemuan penting. Hal itu dilakukan untuk membahas mengenai kejelasan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang masih sulit digelar di tengah pandemik COVID-19.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Persatuan PSSI, Yunus Nusi mengisyaratkan hal tersebut dalam sebuah diskusi melalui Zoom bersama Bola.net pada Senin (28/9/2020).

"Maaf kapan diskusi ini selesai? Saya masih ada rapat bersama Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Menpora. Liga 1 sedang siaga 1," kata Yunus sebelum mengakhiri diskusi dengan awak media.

1. Sekjen PSSI pamit dalam sebuah diskusi membahas kejelasan Liga 1

PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?PSSI

Walau belum dijelaskan secara rinci, Yunus menyiratkan jika pihaknya harus menggelar pertemuan yang sangat penting untuk membahas kelanjutan kompetisi musim ini. Dia hanya bilang bakal mengumumkan hasilnya usai pertemuan penting itu rampung digelar.

"Maaf saya pamit dari diskusi (virtual) ini. Selanjutnya semua bakal saya ungkapkan alasan kenapa tak mengikuti diskusi melalui Zoom ini sampai usai," ujar dia.

2. IPW minta polisi tak beri izin Liga 1 dan Liga 2

PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?Pemain Persija Marco Motta melakukan selebrasi saat rekannya Marko SImic mencetak gol dalam duel melawan Borneo FC yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 3-2di Stadion SUGBK, Minggu (1/3). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj).

Terang saja kemungkinan batalnya Liga 1 yang bakal dilanjutkan di tengah pandemik semakin menyeruak. Terlebih, sudah banyak kritikan yang meminta kompetisi untuk tak dilanjutkan. paling anayr, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane yang meminta Polri tak menerbitkan izin pelaksanaan pertandingan kompetisi.

Menurut dia, grafik kasus COVID-19 di Tanah Air kian meningkat, sehingga bergulirnya Liga 1 babak memberikan risiko tinggi memunculkan klatser baru.

Pihak keamanan pun sejauh ini belum memberikan keterangan resmi bakal memberikan izin untuk lanjutan kompetisi Liga 1 kembali digulirkan. Hal itu terang saja membuat kondisi Liga 1 semakin tidak jelas, padahal kick-off bakal dimulai pada 1 Oktober 2020 ini.

3. Liga 1 kick-off pada 1 Oktober 2020, polisi belum beri izin

PSSI, PT LIB, dan Menpora Gelar Pertemuan, Liga 1 2020 Batal Lanjut?PSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Hal ini terang saja bertolak belakang dengan persiapan klub-klub Liga 1 yang sudah siap bertanding. Bahkan, beberapa klub sudah melaksanakan Swab test sebagai syarat protokol kesehatan yang berlaku. Bahkan, PSM sudah datang ke Yogyakarta, tempat yang dijadikan mereka untuk jadi home base musim ini.

PT LIB sendiri sejauh ini sudah membuat jadwal untuk klub yang bakal tampil di Liga 1. Direncanakan PSS yang bentrok dengan Persebaya bakal mengawali project restart Liga 1 2020 yang belum tahu bakal dapat izin untuk digelar atau tidak.

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya