Comscore Tracker

PSSI Sebut Regulasi Pemain U-20 Wajib Main di Liga 1 Belum Final

PSSI harus berkomunikasi dengan PT LIB dan Shin Tae-yong

Jakarta, IDN Times - Wacana tentang kewajiban klub Liga 1 memainkan pemain U-20 dalam lanjutan kompetisi musim ini masih belum ada kepastian. Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum menentukan apakah regulasi terkait hal itu bakal dijalankan atau belum.

"Nanti hal itu bakal disesuaikan dengan jadwal kompetisi nanti, Shin Tae-yong mau memberikan road map terbarunya. Kami akan menyesuaikan dengan road map yang sudah dibuat, sehingga kepentingan klub terakomodasi, kepentingan timnas juga demikian," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada wartawan, Minggu (29/6).

1. Iwan Bule akan berkomunikasi dengan PT LIB untuk bahas regulasi pemain muda

PSSI Sebut Regulasi Pemain U-20 Wajib Main di Liga 1 Belum FinalLiga-Indonesia.id

Selain itu, Iwan Bule menyebut alasan kenapa PSSI belum memberikan kepastian terkait regulasi tersebut. Pasalnya, pihaknya harus melakukan diskusi dengan beberapa elemen penting, termasuk PT LIB yang jadi operator kompetisi.

"Itu merupakan aturan tambahan untuk nanti yakni kewajiban bagi klub untuk mainkan pemain berusia di bawah 20 tahun dari yang ada. Nanti baru ada kepastian pembahasan regulasi bersama PT LIB secara internal, karena masih ada waktu dua sampai tiga bulan sebelum bergulir,'" ujar dia.

Baca Juga: PSSI Akan Menanggung Biaya Rapid Test Tim Liga 1

2. Iwan Bule sudah berdiskusi dengan Direktur Teknik PSSI

PSSI Sebut Regulasi Pemain U-20 Wajib Main di Liga 1 Belum FinalIDN Times/Panji Galih Aksoro

Sementara itu, kemungkinan digelarnya lagi kompetisi Elite Pro Academy (EPA) mulai dari U-16, U-19, sampai U-20 yang bisa dimanfaatkan para pemain muda, kini masih dalam peninjauan PSSI.

Sejauh ini, Iwan Bule menyebut jika dirinya masih terus berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri untuk bisa menggelar kompetisi yang juga sangat penting tersebut.

"Sama juga demikian, kemarin Indra sudah berdiskusi tentang itu. Nanti semua bakal kita dalami lagi dengan EPA untuk disesuaikan dengan kompetisi-kompetisi lainnya, termasuk AFF kan bersinggungan dengan kompetisi," tukas dia.

3. PSSI pastikan kompetisi Liga 1 digulirkan Oktober 2020

PSSI Sebut Regulasi Pemain U-20 Wajib Main di Liga 1 Belum FinalPSM bermain imbang 1-1 melawan Kaya FC Ilo-Ilo dalam laga lanjutan Grup H AFC Cup 2020 di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (10/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib)

Sebelumnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan nomor SKEP/53/VI/2020 mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 pada Minggu (28/6).

Surat yang ditandatangani pada 27 Juni 2020 diambil dengan melalui berbagai pertimbangan. Di dalamnya menyebutkan jika Kompetisi Liga 1,  Liga 2, dan Liga 3 akan dimulai pada Oktober 2020 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan COVID-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Dengan ini saya nyatakan Surat Keputusan (kelanjutan kompetisi) mulai berlaku terhitung sejak tanggal ditetapkan,” kata pria yang kerap disapa Iwan Bule.

Baca Juga: PSSI Terbitkan SK,  Kompetisi Liga 1 Dimulai Oktober

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya