PSSI Temui kemenkumham Urus Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat 

Sandy Walsh sudah tak sabar berseragam Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Terus kebut proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordy Amat. Mereka pun melakukan pertemuan dengan perwakilan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Selasa (26/4).

Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, ikut hadir dalam pertemuan yang digelar  di kantor mereka di kawasan Kuningan, Jakarta itu. Dia berdiskusi langsung dengan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar dan Direktur Tata Negara pada Ditjen AHU Kemenkumham Baroto.

"Alhamdulillah pertemuan dan diskusi dengan pihak Kemenkumham tadi sangat positif hasilnya. Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi calon pemain timnas Indonesia yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat," kata Yunus Nusi dalam rilis resmi PSSI.

1. Terima kasih PSSI untuk Kemenkumham

PSSI Temui kemenkumham Urus Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi. (PSSI.org)

Yunus pun cukup semringah dengan respons cepat yang dilakukan Kemenkumham. Terlebih, Timnas Indonesia membutuhkan jasa kedua pemain yang sudah punya pengalaman di Eropa itu. Keduanya disiapkan untuk mentas di ajang internasional 

"PSSI mengucapkan banyak terima kasih untuk Kemenkumham lewat Ditjen AHU yang membantu proses naturalisasi ini. Saat ini proses tinggal satu syarat lagi yang harus dipenuhi PSSI agar dua pemain tersebut resmi menjadi WNI. Intinya PSSI mengikuti aturan dan prosedural dari pemerintah Indonesia terkait program ini," ujar Yunus Nusi.

Baca Juga: Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Disetujui Pemerintah

2. Kemenkumham janji menyelesaikan proses naturalisasi lebih cepat

PSSI Temui kemenkumham Urus Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat Jordi Amat saat tampil bersama klub KAS Eupen di ajang Jupiler Pro League Belgia musim 2019/20. (Instagram.com/jordiamat5)

Sementara, Ditjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar memberi arahan kepada stafnya untuk menyelesaikan proses ini lebih cepat. Ia pun sangat antusias mendengar penjelasan dari PSSI terkait program ini.

Sandy Walsh dan Jordi Amat pada awal April lalu sudah bertemu dengan perwakilan PSSI di Belgia. Dua pemain ini menyatakan sudah tidak sabar bermain bersama Timnas Indonesia di bawah polesan pelatih Shin Tae Yong.

Saat ini Sandy Walsh saat ini bermain untuk klub KV Mechelen Belgia dan Jordy Amat bermain di K.A.S. Eupen, yakni klub yang ada di kompetisi yang sama dengan Walsh. Dua pemain ini diharapkan dapat bergabung bersama Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan bermain awal Juni mendatang di Kuwait.

3. Sandy Walsh tak sabar bela Timnas Indonesia

PSSI Temui kemenkumham Urus Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat www.essevee.be

Sebelumnya, Sandy mengungkapkan dirinya sudah tak sabar segera memulai debut dengan Timnas Indonesia. dia begitu menantikan proses naturalisasinya berjalan lancar karena memang sudah lama dinantikannya.

"Saya sudah menunggu ini begitu lama. Lalu, ada tiga pertandingan yang menentukan untuk bisa berpartisipasi di Piala Asia 2023 pada Juni 2022.  Ini adalah fase kualifikasi terakhir dan Indonesia terakhir bermain di ajang itu pada 2007. Jadi, ada banyak yang dipertaruhkan," kata Sandy dikutip GVA.

Sandy Walsh mengklaim, saat ini pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, percaya akan kemampuannya. Bahkan, dalam setiap pertemuan dengan pimpinan federasi, Shin acap kali mencari koneksi untuk bisa membuatnya dan Jordi Amat segera mengantongi paspor Indonesia. 

Baca Juga: Sandy Walsh Belajar Bahasa Indonesia Demi Berseragam Timnas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya