Comscore Tracker

Punya Duit Bebas, Pangeran Johor Mau Beli Klub Juara LaLiga

Valencia saat ini dimiliki pengusaha asal Singapura

Jakarta, IDN Times - Pemilik Johor Darul Ta'zim (JDT), Tunku Ismail Idris, digosipkan akan mengambil alih kepemilikan salah satu klub legendaris LaLiga, Valencia. Hal itu diungkapkannya melalui story di akun instagram pribadinya pada Selasa (2/3/2021) dini hari WIB.

Dia mengunggah beberapa foto mengenai nilai ekonomi dan prestasi Valencia yang sejajar klub besar Eropa, setelah Presiden Los Murcelagos (julukan Valencia), Anil Murthy, kembali dari Singapura.

Menurut laporan Marca, unggahan Ismail menjadi sebuah pesan untuk pemilik Valencia, Peter Lim, atas niatannya membeli Valencia. Ismail, lewat akun instagramnya, terlihat serius untuk membeli kepemilikan mayoritas atas saham Valencia. 

Baca Juga: Siapa Pemain Indonesia yang Bergabung dengan Johor Darul Ta'zim?

1. Pangeran tak main-main beli Valencia

Punya Duit Bebas, Pangeran Johor Mau Beli Klub Juara LaLigaFacebook.com/johorsoutherntigers.com.my

Niatan Ismail membeli Valencia sempat dicurigai publik hanya untuk kepentingan bisnis semata. Namun, Ismail mengelaknya. Secara rekam jejak, Ismail memang dikenal gila dengan sepak bola. Ditegaskan Ismail, dia mau membangkitkan Valencia yang sejatinya klub legendaris di Spanyol karena sempat meraih enam gelar LaLiga.

"Saya bukan seorang pebisnis, tapi pangeran. Uang bukan motivasi saya. Tapi, kejayaan dan menciptakan sejarah adalah motivasi saya. Bukan rahasia umum jika saya mencintai sepak bola. Saya sangat bersemangat," begitu caption Ismail dalam instastory miliknya.

"Saya ingin memperluas kerajaan ini, mengepakkan sayap, dan mendapatkan tantangan baru," lanjutnya

2. Berjanji tak akan mengubah logo atau tradisi klub

Punya Duit Bebas, Pangeran Johor Mau Beli Klub Juara LaLigaUnggahan pangeran johor melalui instastory. (marca.com).

Ini bukan pertama kalinya pangeran Johor dikaitkan dengan Valencia. Sudah beberapa kali, Ismail diisukan akan membeli Valencia dari Lim. Namun, baru kali ini negosiasi berlangsung intensif.

"Terakhir dan tak kalah penting, saya bukan seseorang yang akan mengubah logo klub atau tradisi (Valancia). Seperti yang dikatakan sebelumnya, saya seorang bangsawan, bukan pebisnis. Saya di sini untuk membawa kejayaan, kesuksesan, dan menciptakan sejarah klub," kata Tenku Ismail.

Dia menilai saat ini Valencia membutuhkan seseorang yang sangat paham tentang sepak bola, lapar prestasi, punya gairah, dan mengerti jika El Che merupakan klub besar. Secara tidak langsung, dia mengangkat diri sendiri sebagai orang yang cocok dengan kriteria tersebut.

3. Peter Lim tak akan jual klub?

Punya Duit Bebas, Pangeran Johor Mau Beli Klub Juara LaLigaValencia CF | instagram.com/valenciacf

Posisi Ismail dalam negosiasi pembelian Valencia sebenarnya terbilang tak menguntungkan. Lim memasang harga yang terlampau tinggi. Dia mematok harga Valencia di angka €408 juta atau setara Rp7,02 triliun.

Nilai ini membengkak hampir dua kali lipat saat Lim membelinya pada Mei 2014 silam. Kala itu, Lim membeli Valencia seharga €254 juta dengan komposisi 70,4 persen saham kepemilikan. Lim juga menjadikan uang senilai €54,5 juta bentuk jaminan transfer delapan pemain.

Presiden Anil Murthy sebelumnya sempat mengungkapkan bagaimana pentingnya posisi Lim di klub saat melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dia menyebut jika Valencia tak akan dijual.

"Kami telah mengatakan berkali-kali, Meriton (perusahaan milik Lim) tidak akan menjual klub. Terlebih lagi, satu-satunya hal yang telah dilakukan Pak Lim adalah terus memasukkan uang ke klub. Komitmennya terhadap kontinuitas ditunjukkan manajemen yang bertanggung jawab di masa sulit ini," ujar Anil dikutip Marca.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Kini Membela Klub LaLiga, Rakitic hingga Modric

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya