Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah Tertinggi

Rafli Asrul catatkan jarak 132,69 km dalam seluruh laga

Jakarta, IDN Times - Selama menjalani program di Inggris dan Italia, Garuda Select tak hanya melakukan rangkaian uji coba saja. Lebih dari itu, mereka dilihat perkembangannya secara pribadi selama melakukan pertandingan.

Setiap pekannya, pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons memantau perkembangan anak asuhnya. Ia membekali setiap pemain sebuah chip GPS pada tubuh mereka di setiap pertandingan. Hal itu dilakukan guna melihat seberapa aktif pemain-pemain Garuda Select bergerak selama tampil di atas lapangan.

Baca Juga: Siap Lawan Preston North End, Garuda Select Punya Sedikit Keunggulan

1. Pergerakan pemain Garuda Select terus dipantau di setiap laga melalui GPS

Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah TertinggiSkuat Garuda Select jalani latihan terakhir jelang laga lawan Preston North End (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Maklum, tim pelatih yang dipimpin Dennis Wise menuntut para pemain Garuda Select memiliki ketahanan fisik yang tinggi. Hal itu guna mendukung taktik dan strategi yang diajarkan untuk menghadapi karakteristik permainan lawan-lawannya yang didominasi tim Inggris.

Tak hanya dituntut memiliki fisik prima saja, mereka juga diminta untuk bisa aktif bergerak meminta bola di sepanjang pertandingan. Tim pelatih juga menuntut pemain untuk terus bergerak menjelajahi lapangan.

Hal itu membuat data pergerakan setiap pemain per laga bisa diketahui secara langsung. Berdasarkan data tersebut, sejumlah pemain memiliki daya jelajah yang sangat baik di lapangan. Hal itu dilihat berdasarkan laporan GPS yang sudah dipasang yang di dapat Mola TV.

2. Rafli punya daya jelajah paling jauh jika dibandingkan dengan pemain Garuda Select lain

Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah TertinggiRafli Asrul beraksi bersama Garuda Select di laga lawan QPR. Dok. Mola TV

Nama Rafli Asrul yang kontribusinya cukup baik di sektor tengah, menunjukkan level terbaiknya. Kenapa dikatakan demikian? Karena ia punya statistik mentereng selama mentas dalam setiap pertandingan. Rafli menjadi pemain Garuda Select dengan jarak jelajah terjauh hingga saat ini.

Sejak pertandingan pertama melawan Northampton, Oktober 2019 silam, pemain muda binaan PSM Makassar tersebut memiliki daya jelajah sebanyak 132,69 kilometer dari seluruh laga yang sudah dijalani, dengan rata-rata pergerakan 16,58 km per laga. Nilai itu merupakan yang tertinggi di antara seluruh pemain Garuda Select.

Melihat catatan yang ditorehkan Rafli, tidak mengherankan apabila tim pelatih selalu memberikan kepercayaan dalam setiap laga. Ia hanya absen sekali saja dalam program uji coba yang sudah dijalani Garuda Select, yakni ketika melawan Como.

3. Nyaris setiap jengkal lapangan dilewati oleh Rafli

Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah TertinggiGaruda Select vs Huddersfield Town U-18 (Dok. Mola TV)

Tak salah jika Rafli digambarkan sebagai gelandang modern ideal di sepak bola saat ini. Ia mampu menjadi mentronom dan penyuplai utama bola untuk lini depan Garuda Select yang diisi Bagus Kahfi, Arsa Ahmad, atau Alfriyanto Nico. Tak ayal, nyaris seluruh jengkal lapangan ‘panas’ oleh telapak sepatu Rafli.

Hal itu menggambarkan jika fisik dan stamina Rafli cukup mumpuni untuk menjadi pilar utama lini tengah Garuda Select. Ditopang dua gelandang dinamis lain seperti David Maulana dan Brylian Aldama. Ketiganya mampu menjadi motor Garuda Select dalam setiap laga.

"Saya tidak memikirkan apa pun. Hanya menjalankan instruksi pelatih," kata Rafli kepada Mola TV soal aksinya di atas lapangan.

4. Rafli berpotensi terus menambah catatan daya jelajahnya

Rafli Asrul, Pemain Garuda Select dengan Daya Jelajah TertinggiSuasana latihan Garuda Select di Walsall Oak Park Living Centre (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Selain memiliki daya jelajah paling jauh di lapangan, pemain berusia 17 tahun itu juga sempat menjadi yang tersubur. Namun, hal itu tak bertahan lama, predikat tersebut berhasil diambil alih rekan setimnya, Bagus Kahfi, yang kini sudah mengoleksi 11 gol.

Catatan Rafli berpotensi terus bertambah. Maklum, Garuda Select bakal kembali tampil menjalani laga uji coba terakhir Februari ini, saat bersua Preston North End U-18 dalam laga yang digelar pada 25 Februari 2020.

Baca Juga: Ngopi UK, Warung di Birmingham Rekomendasi Skuat Garuda Select

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya