Comscore Tracker

Pelatih TIRA-Persikabo Waspadai Teror Bobotoh dan Pemain Anyar Persib

RD waspadai Arhur Gevorkyan dan Rene Mihelic

Jakarta, IDN Times - TIRA-Persikabo bakal menghadapi laga berat karena harus berhadapan denga tuan rumah Persib Bandung di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/6). Teror penonton adalah salah satu faktornya.

Maklum, Maung Bandung memang dikenal memiliki pendukung yang loyal dan kompak saat memberi dukungan di tribun. Hal itu tak jarang membuat lawan menjadi kikuk karena nyalinya ciut, sehingga tampil kurang konsentrasi di lapangan.

1. RD ingatkan pemain TIRA-Persikabo soal tekanan Bobotoh

Pelatih TIRA-Persikabo Waspadai Teror Bobotoh dan Pemain Anyar PersibIDN Times/Galih Persiana

Pelatih TIRA-Persikabo, Rahmad Darmawan, pun mewanti-wanti kepada pemainnya untuk tetap fokus walau menghadapi tekanan suporter lawan nanti. Menurut dia, hal itu harus jadi perhatian para penggawa TIRA-Persikabo karena tak jarang pemain bisa terlambat fokus untuk mulai bermain sejak menit awal.

"Tapi, mudah-mudahan pengalaman yang sudah dilalui pemain bisa membantu. Mereka bukan sekali dua kali lawan persib, melainkan sudah beberapa kali. beberapa pemain kami juga sudah diuji di Piala Presiden, mudah-mudahan tak ada kecanggungan lagi semoga saja," kata pria yang kerap disapa RD ini, Senin (17/6).

Baca Juga: Jelang Persib vs TIRA-Persikabo, I Made: Kami Siap Balas Kekalahan!

2. RD beri pujian kepada Bobotoh

Pelatih TIRA-Persikabo Waspadai Teror Bobotoh dan Pemain Anyar PersibIDN Times/Galih Persiana

Ia pun tak segan memuji militansi yang ditunjukkan Bobotoh, sebutan pendukung Persib, dalam mendukung tim kesayangannya. Hal itu membuat mereka dianggap jadi salah satu suporter terbesar yang eksis di Tanah Air.

Dari segi jumlah pun, Bobotoh layak dinobatkan sebagai yang terbesar di Indonesia. Sebab, kata RD, Persib tak hanya didukung oleh masyarakat di Kota Bandung saja, melainkan seluruh Jawa Barat. Berbeda dengan klub-klub lain yang basis suporternya ada di kota klub tersebut bernaung saja.

3. Persib sudah lakukan banyak perubahan

Pelatih TIRA-Persikabo Waspadai Teror Bobotoh dan Pemain Anyar PersibIDN Times/Galih Persiana

Namun, RD tak menganggap laga melawan Persib ini lebih spesial dibandingkan dengan laga lainnya. Ia mengaku pertandingan yang akan dihadapi sama dengan laga ketika bentrok dengan klub Liga 1 lainnya. Dan, Persib dinilainya adalah tim yang secara kualitas bisa dibilang bagus musim ini.

"Rekrutmen yang dilakukan Persib pasca-Piala Presiden juga bagus, saya rasa sangat ideal sekali, mereka mampu mendatangkan pemain berkualitas, dan menutupi kekurangan yang mungkin tim analisisnya yang dibutuhkan sesuai analisisnya hasil uji coba selama Piala Presiden," ujar mantan pelatih Persipura ini.

"Saya melihat dua pertandingan Persib plus pertandingan melawan Borneo (di Piala Indonesia), dari situ ada gambaran bahwa Persib adalah kompetitor untuk meraih gelar juara liga. Ini yang diwaspadai karena kami menghadapi tim besar, maka ini tantangan besar bagi kami, dan saya berharap semua pemain bisa jaga motivasi dan mengimbangi permainan Persib," lanjut RD.

4. RD waspadai Artur dan Rene Mihelic

Pelatih TIRA-Persikabo Waspadai Teror Bobotoh dan Pemain Anyar Persibpersib.co.id

Disinggung mengenai cara untuk menghadapi permainan Persib yang dianggapnya memiliki kualitas cukup baik, RD sudah melakukan analisis untuk mengantisipasinya. Ia juga sudah mengamati permainan legiun asing anyar Persib macam, Artur Gevorkyan dan Rene Mihelic dalam beberapa laga Persib sebelumnya.

"Lokalnya ada Jupe (Achmad Jufriyanto) untuk menutup beberapa kekurangan. Pemain-pemain baru macam Artur sudah bikin dua gol, dan Rene Mihelic punya kontribusi bagus, bikin assist yang menurut saya kualitasnya bagus, ini tantangan bagi kami untuk betul-betul fokus dan bekerja keras," tukas dia.

Baca Juga: Persib vs TIRA-Persikabo, Robert Alberts: Pemain Jangan Takut Kartu!

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You