Comscore Tracker

Rangnick Tambah Amunisi Biar MU Makin Sangar

Rangnick melengkapi anggota di tim kepelatihannya

Jakarta, IDN Times - Ralf Rangnick perlahan melakukan perubahan dalam skuad Manchester United. Kini, dia mendatangkan psikolog olahraga, sesuatu yang notabene masih baru di kompetisi Premier League.

Sascha Lense dipilih oleh Rangnick untuk menduduki jabatan baru itu di Old Trafford. Dia didatangkan bersama Chris Armas, yang jadi pengganti Michael Carrick. 

"Jika klub itu punya pelatih untuk penjaga gawang hingga penyerang, fisik, atau kebugaran, maka Anda membutuhkan ahli untuk mental dan otak. Dalam beberapa musim terakhir, mayoritas klub Jerman sudah sudah memberikan tempat untuk psikolog olahraga," kata Rangnick dikutip BBC Sport.

1. Para pemain MU ditempa mentalnya

Rangnick Tambah Amunisi Biar MU Makin SangarRonaldo mencetak brace dalam debut keduanya di MU, tapi siapa sangka ia sempat gugup di awal pertandingan. (Twitter/@ManUtd).

Rangnick menegaskan, posisi ini bukan soal mengumpulkan pemain dan duduk di sofa sambil pegangan tangan. Namun, dia menilai jika psikolog olahraga sangat penting dalam perkembangan sepak bola modern. Sebab, aspek mental jadi hal yang sama pentingnya untuk menunjang permainan.

"Ini cara untuk membantu pemain untuk mengetahui bagaimana otak membantu tubuh, bukan sebaliknya. Jika bicara mengenai sepak bola, yang terpenting saat ini adalah otak. Apa yang Anda pikirkan? Bagaimana Anda bisa menganalisis kondisi? itu sangat memengaruhi cara bermain," ujar pria Jerman itu.

Baca Juga: MU Bermain dengan Wajah Berbeda di Tangan Rangnick

2. Orang kepercayaan Rangnick

Rangnick Tambah Amunisi Biar MU Makin Sangarhans-dieter hermann. (gea.de)

Jika menilik ke belakang, Lense bukan orang baru yang ikut dengan Rangnick. Pelatih mental itu juga sempat bekerja sama saat masih berada di RB Leipzig. Dia bahkan punya pengalaman empat tahun sebagai psikolog olahraga, khususnya di Bundesliga, termasuk Schalke 04.

Namun, Lense bukan orang pertama yang melakukan tugas seperti itu bersama Rangnick. tercatat, Hans-Dieter Hermann pernah menemaninya saat di Uelm pada 23 tahun silam. Kini, Hermann punya tugas serupa di Timnas Jerman.

3. Rangnick sudah ubah MU

Rangnick Tambah Amunisi Biar MU Makin SangarRonaldo mencetak brace dalam debut keduanya di MU, tapi siapa sangka ia sempat gugup di awal pertandingan. (Twitter/@ManUtd).

Tak hanya mendatangkan sejumlah orang baru, Rangnick memang sudah menunjukkan kapasitasnya sebagai manajer berkualitas. Hal itu terlihat dalam cara bermain MU saat bentrok dengan Crystal Palace akhir pekan lalu. Mereka bermain lebih bertenaga dalam laga itu.

Agresivitas, dinamisme, dan cara menyerang yang ditunjukkan sepanjang pertandingan, belum pernah terlihat dalam permainan MU saat ditangani manajer lain setelah usai Sir Alex Ferguson mundur.

Agresivitas permainan MU memang belum stabil. Mereka terlihat begitu impresif dalam 30 menit pertama. Usai itu, permainan tim sedikit mengendur. Maklum, belum semua pemain siap memeragakan cara main seperti itu, mengingat butuh fisik prima sepanjang laga.

Baca Juga: Fred, dari Pemain Tak Berguna Jadi Mesin Ralf Rangnick di MU

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya