Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan Rumah

Sergio Ramos absen akibat akumulasi kartu kuning

Jakarta, IDN Times - Usai dua kali jadi pesakitan saat tampil di dua laga El Clasico, Real Madrid langsung dihadapkan pertandingan berat melawan Ajax Amsterdam pada babak 16 besar Liga Champions. Mereka pun berusaha menebus kekecewaan, yakni dengan meraih tiket ke babak delapan besar pada pertandingan yang bakal digelar di Stadion di Santiago Bernabeu, Rabu (5/3) dini hari nanti WIB.

Namun, untuk mendapatkannya, Los Blancos wajib meraih kemenangan dalam laga itu. Mereka musti bangkit dari keterpurukan dan melupakan kekalahan dua kali lawan Barcelona pekan lalu.

1. Real Madrid masih memiliki karakter yang kuat

Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan Rumahtwitter.com/English_AS

Berbekal kemenangan 1-2 di kandang Ajax, langkah Real Madrid memang tak terlalu sulit. Oleh sebab itu, pantang bagi Vinicius Júnior dan kolega untuk menyia-nyiakan peluang tersebut.

"Kami tidak gembira ketika kami gagal meraih kemenangan. Besok ada satu pertandingan lagi, kami sudah siap karena tim telah terbiasa untuk terus bertarung dan memperjuangkan hal-hal yang penting," kata pelatih Real Madrid, Santiago Solari, dalam sesi konferensi pers dilansir laman resmi klub.

“Kami ingin menang dan lolos babak ini," ujar dia. Solari menilai timnya memiliki karakter yang kuat dan ia sangat bangga akan hal itu. Oleh sebab itu, laga penting di Liga Champions akan dihadapi Real Madrid dengan motivasi tinggi.

Baca Juga: Frenkie de Jong: Sergio Ramos akan Menyesal Absen di Leg Kedua

2. Produktivitas Real Madrid terganggu sejak dua pertandingan terakhir

Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan RumahTwitter/realmadrid

Namun, Real Madrid masih dipusingkan oleh masalah yang mendera tim. Produktivitas Real Madrid masih terganggu dalam dua laga terakhir kontra Barcelona. Tak sekali pun mereka mencetak gol dalam dua laga yang digelar pekan kemarin.

Menurut Solari, masalah itu akibat dari beberapa hal, jadi timnya harus lebih bisa memanfaatkan lagi momentum di atas lapangan. "Itu adalah bagian dari tugas kami dan kita harus mencoba untuk memperbaikinya," bebernya.

Tapi, lanjut Solari, keberuntungan merupakan komponen yang menunjang itu semua. "Kami telah mendapatkan begitu banyak peluang dalam beberapa pertandingan terakhir dan kami harus mampu menjadikannya gol seperti yang telah kami lakukan di beberapa pertandingan lainnya," kata pelatih asal Argentina itu.

3. Ramos absen karena akumulasi kartu kuning

Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan Rumahsport360.com

Dalam laga tersebut, Real Madrid juga musti kehilangan pemimpin mereka, Sergio Ramos. Kapten Real Madrid ini harus diparkir lantaran menjalani sanksi larangan bertanding akibat akumulasi kartu.

“Saya sangat menyayangkan bahwa ia tidak akan turun dalam laga nantinya. Ia adalah seorang pemain yang sangat penting bagi kami. Ia seorang pemimpin," ungkapnya. Tapi, Solari merasa masih memiliki pemain-pemain penuh berpengalaman dan tak kalah kualitasnya untuk menggantikan posisi Ramos.

4. Ajax akan manfaatkan absennya Ramos di duel kali ini

Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan Rumahen.as.com

Hal itu yang akan dimanfaatkan oleh Ajax di Santiago Bernabeu. Sebab, kata pelatih Ajax, Erik Ten Hag, absennya Ramos meninggalkan celah besar di lini pertahanan Real Madrid, karena lanjut Erik, Real Madrid tak lebih baik tanpa Ramos.

"Sergio adalah pemimpin di atas lapangan dan lini pertahanan Madrid. Absennya dia bukan hanya kehilangan secara taktik saja, lebih dari itu, mental juga. Jadi absennya Ramos jadi kehilangan besar," kata Erik kepada Marca.

Ajax sendiri butuh kemenangan dalam lawatannya ke Santiago Bernabeu kali ini. Pasalnya, mereka kalah 1-2 di leg pertama beberapa pekan lalu. Namun, hanya kemenangan dengan selisih dua gol yang bisa menyelamatkan mereka lolos ke babak selanjutnya.

5. Prakiraan susunan pemain

Real Madrid vs Ajax: Laga Penebus Kekecewaan Tuan Rumahwww.101greatgoals.com

Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Daniel Carvajal, Nacho Fernández, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Lucas Vazquez,Karim Benzema, Vinicius Jr.

Ajax Amsterdam (4-3-3): Andre Onana; Noussair Mazraoui, Matthijs De Ligt, Blind, Nicolas Tagliafico; Van de Beek, Hakim Ziyech, Frenkie De Jong; David Neres, Kasper Dolberg, Dusan Tadic.

Baca Juga: Modric Mengakui Kalau Real Madrid Kehilangan Ronaldo 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya