Real Sociedad Tim LaLiga Pertama yang Gelar Latihan di Tengah Corona

LaLiga sudah rilis kalkulasi kerugian akibat virus corona

Jakarta, IDN Times - Klub LaLiga Real Sociedad jadi tim pertama di Spanyol yang bakal menggelar latihan di tengah wabah virus corona yang masih terjadi. Mulai awal pekan depan klub yang dijuluki La Real itu siap kembali ke lapangan dengan berbagai macam persyaratan ketat.

Dikutip dari laporan Sky Sport, latihan Real Sociedad bakal digelar pada Selasa (14/4). Banyak peraturan ketat yang diterapkan, mulai dari latihan yang dihelat per kelompok (dua sampai tiga orang) dan diawasi langsung tim medis klub.

Sebelum memulai latihan, setiap pemain juga wajib melakukan tes COVID-19 untuk bisa diketahui kondisi terakhir, plus mengurangi risiko pemain untuk tertular dari pandemik tersebut.

1. Ada kabar LaLiga bakal segera kembali digulirkan

Real Sociedad Tim LaLiga Pertama yang Gelar Latihan di Tengah Coronaindependent.co.uk

Otoritas kompetisi LaLiga sudah sejak Maret silam harus menghentikan kompetisi kasta tertinggi Negeri Matador lantaran penyebaran coronavirus yang terus meluas. Bahkan, mereka melesat jadi negara Eropa kedua terparah yang terdampak dari penyebaran pademik itu.

Hanya saja, kabar baik mulai muncul ketika Presiden LaLiga, Javier Tebas, mengatakan jika kompetisi akan segera bergulir, walau kondisi Spanyol sendiri masih lockdown. LaLiga tak punya keraguan untuk bisa menyelesaikan kampanye saat ini.

2. Federasi Sepak bola Spanyol sudah mengkalkulasi kerugian

Real Sociedad Tim LaLiga Pertama yang Gelar Latihan di Tengah Coronatwitter.com/ellarguero

Mereka sedang melakukan diskusi dengan UEFA, FIFA dan bahkan Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) untuk melihat kemungkinan kapan kompetisi kembali dimulai. Sebab, andai kata sisa kompetisi Liga Spanyol musim 2019/2020 tak dapat diselesaikan, LaLiga memperkirakan bakal kehilangan sekitar €648 juta atau jika dikonversikan Rp11,7 triliun.

Tak hanya itu, LaLiga dengan Asosiasi pesepak bola Spanyol (AFE), juga memperkirakan persentase yang harus ditanggung oleh klub dan para pemain. Jika musim ini tak selesai, pemain harus menanggung 47 persen kerugian dari LaLiga berarti, sekitar €451 juta atau setara Rp8,1 triliun.

Namun, seandainya pertandingan dimainkan secara tertutup, sebanyak 46 persen jika sebesar €140 juta atau setara Rp2,5 triliun, dan harus menanggung 49 persen kerugian jika pertandingan dihelat dengan penonton €77 juta atau setara Rp1,4 triliun.

3. Asosiasi pemain profesional Spanyol sedang pertimbangkan kemungkinan pemangkasan gaji

Real Sociedad Tim LaLiga Pertama yang Gelar Latihan di Tengah CoronaPresiden FEE, David Aganzo dan mantan Kiper Real Madrid, Iker Casillas. (marca.com).

Ketua asosiasi pemain sepak bola Spanyol, David Aganzo sedang mempertimbangkan berbagai kemungkinan dari angka-angka yang sudah dikalkulasi oleh LaLiga dan AFE, yang disampaikan Javier Tebas. Mereka bakal memberikan respons setelah berkonsultasi dengan para pemain.

Pihak berkepentingan pun disebut bakal memberikan kebebasan mereka untuk memutuskan apakah mereka ingin membayar setengahnya dari kerugian yang akan ditimbulkan LaLiga akibat pandemik tersebut. Klub-klub pun menanggapi proposal itu dengan masuk akal, sehingga pemotongan gaji pemain bisa membatasi kerusakan ekonomi dari virus corona pada sepak bola Spanyol.

Baca Juga: Real Madrid Takluk dari Real Sociedad dengan Skor 4-3

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya