Comscore Tracker

Regulasi Baru Liga 1 Rampung, 7 Aturan Ini Segera Diterapkan 

Salah satunya menghapus degradasi musim ini

Jakarta, IDN Times - Tujuh regulasi anyar diapungkan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) untuk bisa dijalankan dalam lanjutkan kompetisi Liga 1 2020. Bahkan, mereka sudah mengajukan aturan tersebut untuk mengganti regulasi sebelumnya.

Dalam regulasi tersebut, PT LIB meminta kompetisi musim ini bakal meniadakan degradasi. Lalu ada juga penambahan pergantian pemain menjadi lima orang selama pertandingan, atau menambah dua kuota dari aturan lama.

Selain itu, bursa transfer musim ini bakal tetap dibuka mulai 15 September-14 Oktober 2020. Hanya saja, klub tak diperbolehkan mengambil pemain dari lawan-lawannya di Liga 1. Mereka hanya bisa mendaftarkan pemain dari luar kompetisi kasta tertinggi Indonesia itu pada periode kompetisi di tengah pandemik COVID-19 ini.

1. PT LIB mewajibkan tim memasukkan pemain U-18 dan U-20 ke dalam DSP

Regulasi Baru Liga 1 Rampung, 7 Aturan Ini Segera Diterapkan Skuat Garuda Select. Dok. Mola TV

PT LIB mengajukan juga regulasi di mana setiap klub harus menyertakan dua pemain dari U-18 dan U-20 untuk masuk dalam daftar susunan pemain dalam satu laga. Menariknya, klub-klub tak wajib memainkan mereka di lapangan, semua dikembalikan lagi kepada masing-masing tim.

"Sebelum ini ada wacana, mereka [pemain U-18 dan U-20] wajib tampil di pertandingan. Kini, aturannya minimal dua pemain wajib masuk DSP, namun tak wajib tampil," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada awak media.

2. PT LIB bakal membiayai seluruh tes swab klub-klub Liga 1

Regulasi Baru Liga 1 Rampung, 7 Aturan Ini Segera Diterapkan Bhayangkara FC vs Persija berakhir imbang 2-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2020 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (14/3). (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib).

Regulasi tersebut dilakukan karena PT LIB melihat jika pemain U-19 sudah punya program pemusatan latihan (TC) bersama Timnas U-19. Sehingga, beberapa klub sedikit keberatan lantaran bakal kekurangan pemain.

Regulasi selanjutnya adalah mengenai protokol kesehatan yang harus dijalankan di kompetisi. Setiap klub bakal menjalani swab PCR per dua pekan sekali yang biayanya ditanggung semua oleh PT LIB.

Selain itu, PT LIB juga bakal menggelar workshop kepada tenaga medis yang bakal bertugas di pertandingan. Mereka bakal diberikan arahan untuk menjalankan SOP yang sesuai dengan protokol yang sudah dibuat tim dari PSSI.

3. PT LIB wajibkan klub melepas pemain jika mendapat panggilan Timnas Indonesia

Regulasi Baru Liga 1 Rampung, 7 Aturan Ini Segera Diterapkan Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Pada regulasi keenam, PT LIB akan melakukan penyesuaian untuk venue pertandingan. Maklum, setiap tim terutama yang berada di luar Jawa bakal menjadi musafir untuk sementara waktu dan menggunakan stadion-stadion yang ada di Pulau Jawa selama kompetisi musim ini berlangsung.

Sedangkan, regulasi terakhir yang dibuat PT LIB memuat komitmen di mana setiap tak bisa menahan para pemainnya jika ada panggilan untuk masuk Timnas Indonesia. Dengan kata lain mereka wajib melepas pemain yang mendapat panggilan masuk skuat Garuda.

Baca Juga: Isi Lengkap Buku Panduan Protokol Kesehatan Liga 1 dan Liga 2 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya