Rekor! 3 Pemain Bali United Juara Liga 1 dan Liga 2 di Musim yang Sama

Pemain Bali United tampil sukses melakukan back to back

Jakarta, IDN Times - Bali United dipastikan jadi kampiun Liga 1 2021/22. Walau dikalahkan Persebaya di laga pekan ke-33, mereka tetap berhasil menyegel gelar musim ini, karena perolehan poinnya sudah tak mungkin lagi dikejar Persib di posisi kedua.

Trofi ini membuat Bali United mencatatkan beberapa rekor. Yang paling menarik, tentu rekor yang dicatatkan tiga pemain Bali United yang baru masuk pada putaran kedua. Mereka adalah Eky Taufik, Abduh Lestaluhu, dan Reuben Silitonga. Mereka mampu meraih dua gelar juara secara bersamaan dalam satu musim kompetisi.

Ketiganya sebelum datang ke Bali United mampu mengantarkan Persis Solo jadi juara Liga 2 2021, sekaligus memboyong satu tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

1. Eky Taufik jadi pemain Persis yang paling banyak tampil untuk Bali United

Rekor! 3 Pemain Bali United Juara Liga 1 dan Liga 2 di Musim yang SamaEky Taufik membawa Bali United jadi juara Liga 1 setelah sebelumnya mampu mengantarkan Persis juara Liga 2 sekaligus promosi. (baliutd.com)

Hingga pertandingan Liga 1 menyisakan satu pekan lagi, Eky Taufik tercatat jadi pemain yang mendapatkan kesempatan tampil cukup banyak di Liga 1 musim ini. Dia sudah bermain lima kali untuk tim hingga mengantarkan Bali United jadi juara.

Sementara, Abduh berada di urutan kedua pemain yang mendapatkan kesempatan tampil terbanyak sejak didatangkan Bali United dari Persis. Dia diberi kepercayaan Coach Stefano “Teco” Cugurra lima kali di sayap kiri Bali United.

Sementara, satu lagi pemain pinjaman dari Persis, Reuben belum mencatatkan satu menit pun permainan bersama Bali United. Sampai memasuki pekan ke-33, Teco masih tak memberinya kesempatan merumput.

Baca Juga: Teco: Bali United Layak Jadi Juara Liga 1 2021/22

1. Bali United melakukan back to back

Rekor! 3 Pemain Bali United Juara Liga 1 dan Liga 2 di Musim yang SamaEky Taufik membawa Bali United jadi juara Liga 1 setelah sebelumnya mampu mengantarkan Persis juara Liga 2 sekaligus promosi. (baliutd.com)

Namun demikian, seberapa banyak pun mereka bermain, rekor itu tetap saja berlaku bagi Eky, Abduh, dan Reuben. Mereka tetap jadi pemain yang bisa membuat catatan impresif dengan mempersembahkan gelar juara dalam satu musim di dua tim dan kompetisi yang berbeda.

Rekor lainnya juga dicatatkan Bali United secara tim. Mereka jadi klub pertama yang berhasil melakukan back to back dalam sejarah kompetisi Indonesia. Maklum, skuad Serdadu Tridatu sebelumnya merupakan juara bertahan yang mampu juara di Liga 1 2019.

Sebelum itu, tak ada satupun klub yang mampu meraih gelar juara Liga 1 secara beruntun sekak kompetisi profesional pertama kali digelar musim 1994/1995.

3. Kegemilangan Stefano "Teco" Cugurra di Liga 1

Rekor! 3 Pemain Bali United Juara Liga 1 dan Liga 2 di Musim yang SamaStefano "Teco" Cugurra berhasil membawa Bali United jadi kampiun di Liga 1 2019. (Baliutd.com)

Tak hanya itu, Stefano “Teco” Cugurra juga mencatatkan rekor gemilang dengan menjadi pelatih pertama yang berhasil mempersembahkan gelar juara tiga musim beruntun. 

Usai membawa Persija juara Liga 1 2018, dia berhasil mengantarkan Balu United juara dua kali beruntun setelahnya.

Bali United sebetulnya masih menyisakan satu laga lagi melawan Persik pada pekan terakhir Liga 1 2021/22. Duel tersebut dijadwalkan bakal digelar pada 31 Maret 2022.

Baca Juga: Perekrutan Pemain yang Tepat Jadi Kunci Juara Bali United

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya