Rekor Menyeramkan MU di Musim 2020/21

MU mencatatkan 12 kemenangan di luar Old Trafford

Jakarta, IDN Times - Walau kembali gagal meraih gelar juara Premier League di musim ini, Manchester United meraih catatan positif di bawah komando Ole Gunnar Solskjaer. Mereka menorehkan rekor yang mengerikan dan menegaskan diri sebagai raja tandang di kompetisi Premier League musim ini.

Terbaru, Wolverhampton Wanderers dipermalukan Setan Merah, 1-2, dalam laga yang digelar pada Minggu (23/5/2021), di Molineux. Pemain muda Anthony Elanga dan seniornya, Juan Mata, mampu mengantarkan tiga poin terakhir buat MU pada musim ini.

Hasil ini merupakan kemenangan tandang ke-12 yang diraih MU sepanjang musim 2020/21. Sisanya, tujuh laga mereka akhiri dengan hasil imbang. Konsistensi itu yang membuat mereka bisa jadi runner up.

Baca Juga: Manchester United Siap Sandingkan Cavani dengan Striker Kelas Dunia

1. Samai rekor luar biasa Arsenal di Premier League

Rekor Menyeramkan MU di Musim 2020/21Twitter.com/utdreport

Laporan Opta menyebut, MU jadi tim ketiga yang berhasil meraih rekor tandang 100 persen tanpa pernah kalah. Sebelumnya, Preston North End pernah menorehkan catatan serupa pada musim 1988/89. Satu dekade kemudian, Arsenal yang sedang dalam puncak prestasinya mampu melakukan hal itu dua kali, yakni pada edisi 2001/02 dan 2003/04.

Total, MU berhasil melewati 26 laga tanpa kekalahan saat tampil di luar Old Trafford. Catatan itu hanya kalah dari Arsenal, yang tak terkalahkan di laga tandang sebanyak 27 kali.

2. Manchester United juga jadi raja comeback

Rekor Menyeramkan MU di Musim 2020/21stadiumastro.com

Sebelumnya, mereka juga membuat catatan positif lainnya, yakni mampu meraih memenangkan 10 laga di Premier League setelah kebobolan lebih dulu musim ini. Torehan tersebut merupakan sebuah rekor tim dalam satu musim sepanjang sejarah kompetisi. Marcus Rashford dan kawan-kawan layak disebut raja comeback karena bisa mengumpulkan 31 poin usai tertinggal lebih dulu.

Raihan poin MU saat melakukan comeback hanya kalah dari Newcastle United yang mampu mencuri 34 poin dalam kondisi tertinggal lebih dulu. Rekor tersebut diraih Newcastle saat Premier League edisi 2001/02.

3. Pujian Ole Gunnar Solskjaer untuk Setan Merah

Rekor Menyeramkan MU di Musim 2020/21Pemain Manchester United merayakan gol Aaron Wan-Bissaka saat melawan Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (2/2/2021). Man United mencukur habis Southampton dengan skor 9-0. (ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Phil Noble)

Soslkjaer sangat kagum dengan pencapaian yang sudah diraih MU di laga tandang sepanjang musim ini. Sebab, dia kerap kali melakukan rotasi di periode sibuk MU jelang musim berakhir. Namun, semua menunjukkan penampilan yang sangat baik.

"Saya paham, kami mempertaruhkan catatan ini saat melakukan rotasi di susunan pemain. Namun, itu memang sudah seharusnya dijalankan, terlebih kami yakin dengan kemampuan masing-masing pemain. Ini hanya masalah kesempatan," ujar Soslkjaer kepada MUTV. 

"Itu adalah rekor yang belum pernah dicatatkan tim sama sekali. Ini merupakan torehan membanggakan yang dibuat para pemain yang selalu menunjukkan penampilan maksimal setiap tampil di lapangan," lanjut dia.

Namun, hal itu tak bisa mengubah kegagalan mereka merebut gelar Premier League musim ini. Lagi-lagi, MU gagal mempersembahkan trofi bergengsi untuk fans. Mereka kalah dari rival sekota, Manchester City, yang menjadi kampiun Premier League 2020/21.

Baca Juga: Dibanderol Rp1,1 Triliun, Manchester United Siap Lepas Paul Pogba

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya