Comscore Tracker

Resep Jitu Arema Tahan PSM dengan 10 Orang

Arema bermain imbang 1-1 melawan PSM di Liga 1

Jakarta, IDN Times - Pelatih Arema FC, Hugo Almeida, terkesan dengan kerja keras pemainnya di lapangan saat berhadapan dengan PSM. Walau bermain dengan 10 orang, mereka mampu tampil sangat baik dan memaksa skuad Juku Eja bermain imbang 1-1

Tampil di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (5/9/2021), Arema harus kehilangan satu pemainnya, Jayus Haryono, saat laga baru berjalan empat menit. Walhasil, sepanjang laga Singo Edan ditekan habis-habisan dalam laga tersebut. 

"Kami bermain dengan 10 orang sejak menit empat. Pemain pun sudah memberikan yang terbaik dalam permainan ini. Saya ingin mengucapkan selamat kepada pemain yang berhasil membawa satu poin," kata Almeida dalam sesi konferensi pers usai pertandingan.

1. Efek signifikan kartu merah terhadap Arema

Resep Jitu Arema Tahan PSM dengan 10 OrangPelatih Arema FC, Eduardo Almeida saat sesi pres conferrence. IDN Times/ Alfi Ramadana

Almeida menilai, permainan Arema terkena dampak luar biasa usai tampil dengan 10 pemain. Hal itu membuat PSM dengan mudah mendominasi jalannya permainan hampir 90 menit pertandingan. Beruntung para pemainnya bisa sangat disiplin untuk bisa menahan setiap gempuran lawan. 

"Kartu merah tentu memberikan efek yang besar kepada permainan kami. Itu membuat kami kesulitan memegang bola dan situasi menjadi berbeda. Namun, kami menciptakan juga beberapa peluang berbahaya, beruntung kami tak kalah dalam laga ini," ujar pelatih asal Portugal itu. 

"Pertandingan yang keras, tapi kami bisa menyesuaikan. Kami bisa menjalankan pertandingan di lapangan dengan baik," lanjut dia.

Baca Juga: Main Imbang, Pelatih PSM Puji Penampilan Kiper Arema FC

2. Singo Edan tetap bisa mengancam pertahanan PSM lewat serangan balik

Resep Jitu Arema Tahan PSM dengan 10 OrangPSM bermain imbang 1-1 melawan Arema FC dalam duel pekan pertama Liga 1 2021/2022. (aremafc.com).

Pelatih berusia 43 tahun itu pun memaklumi anak asuhnya tak bisa maksimal untuk menyerang. Terlebih, pemainnya fokus menjaga pertahanan dan hanya sesekali saja melancarkan serangan balik. Hal itu pun dinilainya cukup efektif, karena beberapa peluang juga bisa diciptakan. 

"Kami bisa mendapatkan beberapa peluang termasuk penalti yang menjadi gol. Kami lihat juga lihat Fortes kesulitan menciptakan peluang karena hanya ada 10 pemain. Mereka pasti lelah bermain di lapangan, tapi bisa menciptakan itu," bebernya.

Namun, Almeida enggan menyebut pemain yang jadi pahlawan kemenangan dalam duel itu. Walau Hanif Sjahbandi berhasil mencetak gol dan Adilson Maringa mampu menjaga gawangnya tetap perawan, dia menilai hasil ini tak lepas dari kontribusi dan kerja keras semua pemain yang ada di lapangan hingga bangku cadangan.

3. Arema bakal evaluasi tim sebelum lawan Bhayangkara FC

Resep Jitu Arema Tahan PSM dengan 10 OrangTrio penyerang Arema FC usai mencetak gol ke gawang Rans Cilegon FC. Dok/Arema FC

Ke depan, dia ingin Arema terus melakukan perbaikan sebelum laga selanjutnya dimulai. Dia yakin, dengan kerja keras yang ditunjukkan pemain dari setiap latihan dan laga tadi, bisa membuat tim terus berkembang. Sehingga nantinya bisa meraih kemenangan pertama musim ini.

Arema FC rencananya bakal tetap bertahan di Jakarta untuk melakukan persiapan selanjutnya di pekan kedua Liga 1 2021/2022 pekan depan. Mereka bakal bersua tim bertabur bintang, Bhayangkara FC, yang pada pertandingan pertama menang 2-1 atas Persiraja Banda Aceh.

Baca Juga: Keseimbangan Arema Jelang Liga 1

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya