Comscore Tracker

Resmi Dipecat, Koeman: Level Barcelona Sudah Menurun

Joan Laporta putuskan mencopot Koeman untuk selamatkan tim

Jakarta, IDN Times - Inkonsisten Barcelona musim ini akhirnya memakan korban. Manajemen yang sudah habis kesabarannya, mencopot posisi Ronald Koeman dari kursi pelatih yang baru diembannya hampir satu tahun.

Hal ini terjadi usai Blaugrana tampil jeblok dalam laga lanjutan LaLiga musim 2021/2022. Bentrok dengan Rayo Vallecano, Barcelona harus menyerah 1-0 dalam pertandingan yang digelar di Estadion de Vallecas, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB.

Barcelona di bawah Koeman memang melakukan start cukup buruk. Hingga pekan ke-10 LaLiga, mereka hanya bisa mengumpulkan 15 poin saja. Rinciannya adalah empat kali menang, tiga imbang, dan tiga kali kalah. Catatan itu membuat manajemen klub mengambil sikpa tegas.

1. Koeman sebut level permainan Barcelona menurun usai Messi pergi

Resmi Dipecat, Koeman: Level Barcelona Sudah MenurunRonald Koeman dan Lionel Messi. (goal.com)

Koeman sendiri enggan disalahkan atas performa Barcelona yang tak kunjung membaik. Menurutnya, kepergian beberapa pemain bintang, terutama Lionel Messi, membuat tim tak lagi tampil menggigit. Lebih dari itu, tim sudah dianggap tak lagi berkelas musim ini.

“Kekalahan kedua ini bukan lagi soal sikap atau permainan. Level tim musim ini sudah menurun. Kami sudah kehilangan pemain yang  begitu efektif dan juga diperhitungkan,” kata Koeman dikutip Goal International, saat berbicara usai pertandingan sebelum resmi dipecat.

Baca Juga: 5 Fakta Kekalahan Barcelona dari Rayo Vallecano, Koeman Tamat!

2. Tak pernah merasa terancam posisinya walau Blaugrana tampil jeblok

Sebelum dipecat, Koeman masih cukup percaya diri bisa dipertahankan tim. Walau dua kali membawa tim mengalami kekalahan beruntun, ia merasa tak ada ancaman atau tekanan untuk segera pergi dari Camp Nou. Manajemen dinilai masih percaya dengan kemampuannya.

“Saya tak merasa ini (kekalahan), menjadi ancaman. Tim tak punya masalah apapun. Yang saya khawatirkan adalah efektivitas permainan saat menyerang. Mungkin karena lini tengah kami sudah tak lagi sehebat dulu,” ujar pelatih asal Belanda tersebut.

Tak lama setelah itu, Barcelona mengumumkan jika Presiden klub, Joan Laporta memutuskan untuk mencopot posisi Koeman. Keputusan itu dinilai jadi yang terbaik untuk menyelamatkan performa klub.

3. Barcelona segera mencari pelatih baru

Resmi Dipecat, Koeman: Level Barcelona Sudah Menurunpotret Gavi (instagram.com/pablogavi10)

Posisi Koeman pun untuk sementara waktu bakal diisi lebih dulu oleh pelatih Barcelona B, Sergi Berjuan. Ia akan mendapatkan tugas sebagai caretaker sebelum pelatih baru kembali direkrut.

Barcelona kini harus bekerja keras mencari pengganti Koeman. Xavi Hernandez jadi incaran Barcelona.

Tapi, masalahnya kompetisi Stars League di Qatar baru berjalan sembilan pekan. Agak sulit buat memboyong Xavi sekarang. Maka dari itu, Barcelona harus berpikir keras buat mencari pelatih yang bisa bekerja dengan cepat.

Baca Juga: 5 Fakta Kekalahan Barcelona dari Rayo Vallecano, Koeman Tamat!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya