Comscore Tracker

Resmi! Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda Akibat COVID-19

Empat turnamen AFF resmi ditunda

Jakarta, IDN Times - Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) menunda empat perhelatan sepak bola yang digelar selama Mei-Agustus 2020. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 di Asia Tenggara.

Dari keempat ajang itu, tiga turnamen di antaranya digelar di Indonesia sepanjang 2020, sebut saja Piala AFF U-16, Piala AFF U-19, dan Piala AFF Wanita U-18. Sedangkan, satu turnamen lain yakni Piala AFF Wanita 2020 yang batal, dilangsungkan di Filipina.

1. Piala AFF U-16 dan U-19 seharusnya digelar di Indonesia

Resmi! Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda Akibat COVID-19pssi.org

Sejatinya, Piala AFF U-16 2020 berlangsung pada Juli 2020. Sedangkan, Piala AFF U-19 dihelat sebulan setelahnya. Namun, hal itu urung terlaksana lantaran pandemik mulai meneror Asia Tenggara.

"Kami membuat keputusan untuk menunda ajang tersebut, bila perlu membatalkan turnamen demi meminimalisir kontak sosial. Hal itu dilakukan untuk melindungi keselamatan dan kesehatan semua pihak," kata Presiden AFF Khiev Sameth dikutip dari laman resmi ASEAN Football.

Baca Juga: 4 Capaian Indonesia di Piala AFF Usai Kalah di Laga Awal, AFF 2018? 

2. Sameth yakin komunitas sepak bola bangkit dari dampak virus corona

Resmi! Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda Akibat COVID-19pff.org.ph

Sameth menuturkan penyebaran virus corona hingga ke seluruh dunia ini memang sudah membuat krisis di berbagai sektor. Menurut dia, segala lini entah itu, bidang pendidikan, ekonomi, hingga urusan sepak bola.

"Kondisi ini belum pernah terjadi sebelumnya di dunia, termasuk komunitas kami di sepak bola. Kami akan berusaha melewati masalah ini bersama-sama," ujar Sameth, yang optimistis jika wabah COVID-19 sudah hilang semua akan bangkit.

3. Tiga kejuaraan yang masuk kalender AFF belum ada perubahan jadwal

Resmi! Piala AFF U-16 dan U-19 di Indonesia Ditunda Akibat COVID-19AFFSuzukiCup.com

Kendati, belum semua turnamen yang masuk program AFF mengalami penangguhan. Ada beberapa turnamen yang masih tertera dalam kalender federasi tertinggi sepak bola ASEAN tersebut, seperti Piala AFF Futsal, Piala AFF sepak bola pantai, dan kompetisi antar klub futsal AFF yang semuanya bakal digelar di Thailand.

Bukan berarti, hal itu membuat tiga turnamen tersebut dijamin tetap berlangsung. Sebab, AFF bakal terus melihat dan mengawasi situasi. Mereka tak ragu menunda jadwal jika situasi tak memungkinkan.

Prioritas dari AFF adalah kesejahteraan keluarga dan komunitas sepak bola. Jadi mereka berharap keputusan menunda ajang tersebut, termasuk Piala AFF U-16 2020 dan Piala AFF U-19 2020 di Indonesia, bisa menekan angka penyebaran virus corona atau COVID-19, khususnya di Asia Tenggara.

https://www.youtube.com/embed/eFLpdE7HfWQ

Baca Juga: Matthew Steenvoorden Berambisi Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya