Comscore Tracker

Resmi! Singapura Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020

AFF mempertimbangkan jaminan kesehatan dan keselamatan

Jakarta, IDN Times - Singapura dipastikan bakal jadi tuan rumah gelaran Piala AFF 2020. Hal itu diumumkan langsung oleh federasi sepak bola Asia Tenggara tersebut pada Selasa (28/9/2021).

“Kami dengan senang hati mengumumkan Singapura sebagai negara tuan rumah Piala AFF Suzuki 2020. Kami menerima banyak tawaran menarik dari asosiasi anggota kami dan Dewan AFF memiliki keputusan yang sulit untuk memilih antara mereka,” kata Presiden AFF, Khiev Sameth dalam rilis resminya.

Ia menyebut, pertimbangan memilih Singapura tak kepas dari prioritas utama AFF menyangkut kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat. Itu jadi faktor penentu mengapa pihaknya memilih tetangga Indonesia tersebut.

Baca Juga: Pesta Bola ASEAN, Ini 7 Rekor Mentereng di Ajang Piala AFF

1. Presiden AFF apresiasi anggota asosiasi

Resmi! Singapura Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020facebook.com/affsuzukicup

Sameth pun tak lupa berterima kasih kepada semua asosiasi anggota yang sudah menawarkan diri menjadi tuan rumah. Padahal di masa-masa sulit ini, menggelar ajang itu jadi tantangan besar yang sulit dilakukan. Ia senang, hal itu memnunjukkan semangat kekuatan dan tekad ASEAN di sepak bola.

"Sekarang dengan keputusan yang dibuat, kami dapat fokus bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Singapura untuk memastikan bahwa acara tersebut diselenggarakan dengan aman dan juga menghidupkan kegembiraan sepak bola dan semangat para penggemar ASEAN," ujar Sameth.

2. PSSI sepakat Singapura jadi tuan rumah Piala AFF

Resmi! Singapura Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020www.fas.org.sg

Sementara, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menyebut asosiasinya begitu mendukung AFF soal keputusan memilih Singapura. Terlebih, kondisi pandemik yang masih belum usai memaksa turnamen harus digelar dengan sistem home tournament. Dan, Singapura dinilai layak untuk menggelarnya.

“Piala AFF Suzuki 2020 di Singapura pasti digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan kami siap berlaga. Tentu PSSI akan menyiapkan timnas Indonesia agar bisa meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Yunus Nusi.

Baca Juga: Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF, Shin Tae Yong: Sangat Menarik

3. Timnas Indonesia belum pernah meraih trofi Piala AFF

Resmi! Singapura Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020Timnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas Indonesia mengusung target tinggi di Piala AFF 2020. Shin Tae Yong diberi tugas berat untuk mempersembahkan gelar perdana untuk Merah Putih. Padahal, mereka belum pernah sama sekali mendapatkan trofi sejak ajang ini digelar pertama kali pada 1996.

Sebetulnya, Timnas Indonesia sudah sering tampil dalam laga puncak sepanjang sejarah ajang ini. Tercatat, lima kali Indonesia tampil di pertandingan final Piala AFF. Namun, semua kesempatan yang didapat tak pernah menghasilkan satu trofi pun.

Thailand jadi negara paling banyak meraih gelar Piala AFF dengan catatan lima kali juara. Setelah mereka, ada Singapura (empat gelar), Vietnam (dua gelar), Malaysia (satu gelar) yang berhasil membawa pulang trofi paling bergengsi di Asia Tenggara.

Terakhir kali mentas di Piala AFF, yakni saat 2018 lalu, Timnas Indonesia tak mampu berbuat banyak. Mereka harus tersingkir di babak penyisihan lantaran tak mampu bersaing dengan Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca Juga: COVID-19 Paksa Format Piala AFF 2020 Berubah

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya