Ronaldo, Pemain Keturunan Afrika yang Punya Mimpi Besar di Timnas U-16

Ronaldo Kwateh merupakan pemain keturunan Afrika-Indonesia

Jakarta, IDN Times - Ronaldo Joybera Kwateh, menjadi satu-satunya pemain keturunan yang dipanggil Bima Sakti bergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-16. Datang sebagai debutan, sang pemain pun memiliki harapan besar untuk masuk skuat Timnas U-16 dan tampil di Piala AFC U-16.

Pemain berdarah Afrika-Indonesia ini cukup senang mendapatkan kesempatan langka bergabung dengan Timnas U-16. Dia terus berusaha beradaptasi dengan cepat untul bisa nyetel dengan teman-temannya.

"Saya sudah mulai bisa beradaptasi dalam tim. Ini sudah hari ketiga. Saya mencoba langsung berbaur, dekat dan akrab dengan pemain lain,” kata Ronaldo.

1. Ronaldo berusaha beradaptasi dengan Timnas U-16

Ronaldo, Pemain Keturunan Afrika yang Punya Mimpi Besar di Timnas U-16Ronaldo Kwateh saat tampil bersama Persib di EPA. (persib.co.id).

Ronaldo merupakan pemain jebolan Elite Pro Academy U-16 yang tampil bersama Persib. Dia memiliki darah keturunan Indonesia dari ibunya dan Afrika dari ayahnya bernama Roberto Kwateh, yakni mantan legiun asing PSIS Semarang yang melakukan proses naturalisasi hingga mengantongi paspor Indonesia.

Disinggung mengenai pendapatnya selama menjalani latihan tiga hari bersama Timnas U-16, Ronaldo kini tengah berusaha agar bisa lebih akrab dengan rekan-rekannya. Maklum, dia merupakan wajah baru yang dipanggil Bima Sakti, sehingga harus terus melakukan penjajakan dengan pemain lainnya.

Baca Juga: 22 Pemain Timnas U-16 yang Diboyong Bima Sakti Lawan UEA

2. Ronaldo Kwateh menilai persaingan di Timnas U-16 sangat ketat

Ronaldo, Pemain Keturunan Afrika yang Punya Mimpi Besar di Timnas U-16Ronaldo Kwateh. persib.co.id

Ronaldo memang tampil apik bersama Persib U-16 Di EPA Liga 1 2019, namun dia merasa hal itu tak menjamin dirinya bakal masuk dalam skuat Timnas U-16. Dia pun berusaha keras membuktikan diri pantas menjadi bagian dari skuat Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Asia U-16 yang digelar awal 2021.

"Saya juga merasa persaingan di lini depan tim ini cukup ketat, saya merasa harus lebih kerja keras lagi untuk memberikan yang terbaik di tim ini. Juga demi perkembangan permainan sepak bola saya kedepannya,” beber Ronaldo Kwateh.

3. Pemain keturunan Afrika-Indonesia meniti karier dari Bantul

Ronaldo, Pemain Keturunan Afrika yang Punya Mimpi Besar di Timnas U-16Ronaldo Kwateh. (persib.co.id).

Ronaldo sendiri boleh dibilang sebagai pemain asli Bantul, Yogyakarta. Sejak kecil dirinya berlatih mengolah si kulit bundar di Persiba. Dia pun mulai mengasah kemampuannya di turnamen-turnamen yang ada di sekitar Yogyakarta yang digelar oleh Asprov dll.

TC Timnas U-16 di bulan November akan berlangsung hingga tanggal 29. Ini menjadi rangkaian program yang disiapkan skuat Garuda Asia jelang putaran final kompetisi paling elite Asia di Bahrain awal tahun 2021 mendatang.

Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang tampil turnamen tersebut. Bergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi dan Cina, tak membuat mereka gentar. Timnas U-16 ingin membuat kejutan dengan lolos ke semifinal sekaligus meraih tiket tampil di Piala Dunia U-17 2021.

Baca Juga: Jaga Kekompakan Timnas U-16, Bima Sakti akan Tiru Program Luis Milla

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya