Comscore Tracker

Ronaldo Ternyata Pernah Jadi Korban Skimming, Rugi Rp4,8 M

Jorge Mendes hingga Nani juga jadi korban scamming

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo harus menanggung kerugian hampir 250 juta euro atau sekitar Rp4,8 miliar. Hal itu lantaran Ronaldo jadi korban skimming dalam modus penipuan agen perjalanan.

Dikutip Journal de Noticias, seorang agen perjalanan bernama Maria Silva yang melakukan penipuan tersebut kepada sang superstar. Dia dipastikan bakal mendapatkan hukuman percobaan empat tahun penjara di pengadilan Porto, Minggu (19/9/2021).

Penipuan itu berawal dari keteledoran Ronaldo yang percaya pada Silva terkait detail kartu kredit, plus pin pribadinya. Dia menggunakan kartu kredit tersebut untuk berbagai transaksi pembayaran dengan kartu tersebut.

1. Jadi korban penipuan selama tiga tahun

Ronaldo Ternyata Pernah Jadi Korban Skimming, Rugi Rp4,8 MRonaldo kembali gagal membawa MU menang dalam debut keduanya di Liga Champions. (Twitter/@ManUtd).

Dalam catatannya, Silva melakukan pembobolan kartu kredit dengan melakukan pembelian sekitar 200 perjalanan dari Portugal ke berbagai negara, mulai dari Amerika Serikat, Eropa, hingga Afrika. Padahal, hal itu tak pernah dilakukan sama sekali oleh Ronaldo.

Pemain berusia 36 tahun itu menjadi sasaran penipuan selama tiga tahun, mulai dari Februari 2007 sampai Juli 2010. 

Menurut laporan yang sama, Silva meminta klien mentransfer uang tunai untuk perjalanan yang diatur ke rekening pribadinya, bukan akun bisnis agen perjalanan tempatnya bekerja. Kemudian, dia menagih perjalanan tersebut ke rekening pribadi korban skimming lainnya, termasuk Ronaldo.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Ngamuk Tak Dapat Penalti

2. Banyak yang jadi korban skimming Maria Silva

Ronaldo Ternyata Pernah Jadi Korban Skimming, Rugi Rp4,8 Mdailymail.co.uk

Ronaldo bukan korban satu-satunya dari lapangan hijau. Bintang Portugal lainnya, seperti Luis Nani, Manuel Fernandes, bahkan agen kenamaan, Jorge Mendes dan Gastifute, pun jadi korban skimming Silva.

Beruntung, perusahaan Silva, yakni Geostar setuju memberikan ganti rugi korban penipuan tersebut. Sementara Silva, membayarnya ke Geostar dengan mencicilnya demi menghindari hukuman lebih berat.

3. Kasus penipuan Silva ke Ronaldo diproses cukup lama

Ronaldo Ternyata Pernah Jadi Korban Skimming, Rugi Rp4,8 MGoal.com

Kasus Silva merupakan masalah yang terjadi sejak lama. Dia sudah diperiksa pihak kepolisian sejak Oktober 2013 silam. Namun, masalah itu berbuntut panjang lantaran dia enggan menjawab pertanyaan dari pihak kepolisian dan memilih berbicara di pengadilan soal kasus penipuan serta pemalsuan tersebut.

Ronaldo saat ini sudah mulai melupakan kasus tersebut. Dia tengah fokus membela Manchester United. Total, dia sudah mencetak tiga gol di Premier League dan satu di Liga Champions sejak didatangkan kembali Setan Merah pada bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga: Petugas Stadion Takut Mati Usai Kena Tendangan Ronaldo

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya