Comscore Tracker

Ryuji Utomo Dicoret, Timnas Indonesia Krisis Lini Belakang

Ryuji Utomo menderita cedera hamstring

Jakarta, IDN Times - Ryuji Utomo dipastikan gagal membela Timnas Indonesia di sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2020. Ia terpaksa dicoret dari skuat Garuda lantaran masih berkutat dengan cedera hamstring.

Cedera tersebut didapat Ryuji saat membela klubnya Penang FC. Walhasil, ia menyusul skuat Timnas Indonesia ke Uni Emirat Arab dalam kondisi masih ringkih. Hal itu membuat pelatih Shin Tae Yong memilih mengistirahatkannya untuk menghindari risiko yang lebih besar. 

“Setelah bergabung latihan dalam training camp dan melakukan dua kali pemeriksaan MRI dan juga USG, diputuskan bahwa saya belum bisa memperkuat timnas pada ajang ini. Masih terdapat tear (robekan) pada hamstring saya yang belum pulih 100 persen, yang berisiko jika dipaksakan,” kata Ryuji dalam akun Instagram pribadinya. 

1. Ryuji Utomo kecewa tapi mendoakan yang terbaik untuk Timnas Indonesia

Pemain yang dipinjamkan Persija ini mengaku kecewa dan sedih lantaran gagal memperkuat Timnas Indonesia. Padahal, hal itu merupakan impiannya sejak lama untuk merasakan kembali menit bermain dengan Evan Dimas dan kolega.

“Tapi sebagai atlet profesional, saya harus menerima dan memahami keadaan ini untuk kebaikan pemulihan kondisi saya,” tulis keterangan dalam unggahan Ryuji.

Meski tak bisa berjuang bersama rekan-rekannya di lapangan, Ryuji tetap membakar motivasi Timnas Indonesia dengan memberikan semangat dan doa agar hasil yang diraih bisa maksimal.

Baca Juga: Egy Maulana Janji Tampil All Out saat Timnas Indonesia Lawan Vietnam

2. Tak mengikuti dua laga uji coba saat berada di UEA

Ryuji Utomo Dicoret, Timnas Indonesia Krisis Lini Belakanginstagram.com/ryujiutomo

Sejak bergabung, Ryuji melakukan latihan terpisah dan tak mengikuti menu latihan yang diberikan tim pelatih sepanjang pemusatan latihan (TC). Selain itu, ia juga diparkirkan dalam dua laga uji coba yang digelar melawan Afganistan dan Oman beberapa waktu lalu.

Saat Timnas Indonesia berhasil menahan imbang tim kuat Grup G, Thailand pun, pemain berusia 25 tahun itu masih belum bisa tampil karena cederanya belum membaik.

Oleh sebab itu, Shin Tae Yong memilih memulangkan sang pemain agar ia fokus melakukan penyembuhan.

3. Skuat Garuda krisis lini belakang

Ryuji Utomo Dicoret, Timnas Indonesia Krisis Lini BelakangInstagram.com/rachmatirianto

Kehilangan Ryuji membuat kedalaman skuat Timnas Indonesia terganggu. Maklum, sebelumnya Shin Tae Yong juga harus kehilangan Andy Setyo yang juga masih mengalami cedera. Selain itu, Nurhidayat Haji Haris juga dipulangkan lebih cepat lantaran melakukan tindakan indisipliner.

Sedangkan Elkan Baggott yang sebelumnya bakal menjalani debut dengan Timnas Indonesia Senior, mengurungkan niatnya menyusul ke Dubai. Ia memilih tinggal bersama klubnya Ipswich Town, karena ingin fokus dalam pramusim dan menghindari risiko penyebaran virus corona yang masih cukup mengancam di Asia.

Walhasil, ia kini hanya mengandalkan pemain Persebaya, yakni dua pemain muda Rizki Ridho dan Rachmat Irianto. Serta bek yang minim pengalaman berseragam Timnas Indonesia, Arif Satria.

Baca Juga: 5 Pemain EPL yang Masuk Skuad Timnas Denmark di Piala Eropa 2020

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya