Comscore Tracker

Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020

Pemerintah Italia masih menangguhkan kompetisi

Jakarta, IDN Times - Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memastikan kompetisi Serie A 2019/2020 tidak akan digelar pada 13 Juni mendatang. Sebab pemerintah Italia membekukan semua kegiatan olahraga sampai 14 Juni.

Keputusan pemerintah Italia tersebut didasarkan pada fakta bahwa virus corona masih menjadi ancaman serius di negeri piza.

1. PM Italia masih meminta jaminan lebih untuk memberikan lampu hijau Serie A kembali digelar

Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020theguardian.com

Hingga pekan lalu, tercatat masih ada beberapa pemain klub Serie A yang dinyatakan positif corona usai menjalani serangkaian tes lagi. Hal itu berdampak pada keputusan pemerintah lantaran risiko penularan wabah berbahaya di atas lapangan sangat tinggi.

Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte, meminta jaminan lebih sampai akhirnya memberikan lampu hijau agar Serie A 2019/2020 kembali dilanjutkan. Walhasil, dia dan beberapa petinggi klub rencananya akan menggelar rapat tersebut untuk menentukan keputusan terbaik bagi kedua belah pihak.

2. Pemerintah Italia masih memungkinkan untuk menghentikan kompetisi Serie A musim ini

Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020legaseriea.it

Meski begitu, pemerintah Italia dilaporkan masih akan mengkaji lebih lanjut apakah bakal memberikan izin pertandingan atau tidak. Justru, kabar menyebutkan ada kans Serie A musim ini kemungkinan bakal dihentikan.

Maklum, Italia merupakan salah satu negara paling terdampak virus corona. Jumlah kasus virus corona di sana mencapai 226 ribu, 32 ribu di antaranya meninggal dunia.

Namun, situasi nampaknya mulai membaik. Memulai pekan ini, grafik angka kematian di Italia mencatatkan penurunan, bahkan merupakan yang terendah per harinya sejak diterjang virus itu pada Maret silam, yakni 99 jiwa.

3. Bos Lazio sangat geram jika pemerintah Italia menghentikan kompetisi Serie A

Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020en.as.com

Keputusan diundurnya kompetisi tentu membuat beberapa pihak kecewa, sebab hampir sebagian besar klub sudah menggelar latihan sejak pekan kemarin. Hal itu dilakukan lantaran pemerintah Italia memberikan kelonggaran aturan lockdown.

Namun, opsi menghentikan kompetisi ditentang keras oleh sejumlah klub, salah satunya Lazio. Direktur Lazio, Igli Tare, menilai keputusan melanjutkan atau menghentikan kompetisi bukanlah wewenang pemerintah.

"Saya dengar, bakal keluar perintah hukum agar kompetisi musim ini dihentikan. Katanya kabar itu bakal diumumkan mungkin pekan ini, tapi itu sebenarnya bukan ranah mereka (pemerintah)," kata pria asal Albania itu dikutip dari Sky Sports.

4. Keputusan penghentian atau lanjutnya kompetisi merupakan wewenang FIFA

Sabar Ya! Serie A Italia Belum Bisa Digelar Sampai 14 Juni 2020atimes.com

Dia mengungkapkan hal itu tak sejalan dengan perintah FIFA dan UEFA selaku asosiasi yang punya wewenang itu. Keduanya meminta kompetisi dilanjutkan pada Juni-Agustus 2020. Waktu tersebut ideal karena ada keuntungan dari Piala Dunia 2022 yang bakal dihelat pada musim dingin nanti.

"Keputusan menyelesaikan musim ini juga merupakan bentuk keseriusan klub untuk mempersiapkan diri menghadapi musim selanjutnya. Oleh sebab itu, sebelum kembali memulai kompetisi, semua wajib melakukan tes serologis," tukas dia.

Baca Juga: Mantan Pelatih AS Roma Berharap Liga Serie A Tak Dilanjutkan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya