Sambut Piala Dunia U-20 2021, PSSI Difokuskan untuk Persiapan Timnas 

Jokowi membagi tiga tugas kepada kementerian dan PSSI

Jakarta, IDN Times - Tugas berat kini tengah menanti Indonesia lantaran harus menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. Walhasil, Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah membagi tugas kepada beberapa pihak, yakni Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam konferensi pers yang digelar secara virtual oleh Kemenpora pada Jumat, 3 Juli 2020, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa pembagian tugas masing-masing sudah dibahas dalam pertemuan internal di Istana Negara.

"Kami sudah dibagi tugas bahwa Menpora akan melaksanakan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, kemudian pembangunan venue ada di bawah tanggung jawab Kementerian PUPR dan saya (PSSI) fokus ke persiapan Timnas Indonesia," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut kepada awak media.

1. Iwan Bule sebut PSSI akan fokus tingkatkan performa Timnas U-20

Sambut Piala Dunia U-20 2021, PSSI Difokuskan untuk Persiapan Timnas ANTARA/Hafidz Mubarak A

Kolaborasi yang dilakukan ini memang menjadi cita-cita Iwan Bule sejak mencalonkan diri sebagai Ketum PSSI tahun lalu. Dia bersyukur semua pihak bisa bersinergi dalam menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pesta sepak bola akbar sejagat dalam kelompok umur ini, termasuk unsur pemerintahan dan lembaga-lembaga terkait yang terus melakukan pekerjaannya hingga tahun depan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, karena sudah bagi-bagi tugas ini, sehingga kami bisa fokus ke timnas saja. Mulai sekarang saya akan membentuk tim khusus,"ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Insyaallah, Timnas Indonesia akan kami tingkatkan performanya sesuai harapan publik dan rakyat Indonesia," lanjut Iwan Bule.

Baca Juga: Presiden Jokowi Setujui 6 Stadion Pilihan PSSI untuk Piala Dunia U-20

2. Zainudin Amali sebut beberapa kementerian juga ikut dalam persiapan Piala Dunia U-20

Sambut Piala Dunia U-20 2021, PSSI Difokuskan untuk Persiapan Timnas PSSI isnpeksi kesiapan Stadion GSJ untuk penyelenggaraan FIFA World Cup U20 pada 2021 mendatang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Hal senada juga diutarakan oleh Menpora, Zainudin Amali. Menurut dia, Indonesia akan menyelenggarakan Piala Dunia U-20 sesuai dengan tugas yang diberikan FIFA. Yang pasti, kementerian sampai lembaga lain bakal diberikan tugas agar PSSI bisa berkonsentrasi dalam urusan menyiapkan tim.

"PSSI berkonstrasi pada persiapan timnas, dan mudah-mudahan kita segera persiapan, karena waktunya sudah banyak terpotong selama tiga-empat bulan karena COVID-19 ini, baik itu pelaksanaan pelatnas atau persiapan untuk penyelenggaraan yang juga terhalang," beber Zainudin.

3. Enam stadion bakal dijadikan venue Piala Dunia U-20

Sambut Piala Dunia U-20 2021, PSSI Difokuskan untuk Persiapan Timnas ANTARA FOTO/Maulana Surya

Sebelumnya, pemerintah melalui Kemenpora sepakat mengenai enam stadion rekomendasi PSSI kepada FIFA yang bakal dijadikan sebagai venue penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Jakabaring (Palembang), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Baca Juga: Siapkan Anggaran Piala Dunia U-20, Menpora: Jangan Sampai Ada Korupsi!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya