Seberapa Parah Gangguan Jantung Sergio Aguero?

Aguero mengalami aritmia jantung saat Barcelona vs Alaves

Jakarta, IDN Times - Striker Barcelona, Sergio Aguero harus dilarikan ke rumah sakit saat tampil di laga kontra Alaves, Sabtu (30/10/2021). Dalam kesempatan itu, Aguero sempat mengalami sesak napas di tengah pertandingan.

Aguero mengalami sesak napas usai berduel dengan pemain Alaves. Dia memegangi dadanya dan terlihat kesulitan bernapas. Walhasil, dia langsung ditarik ke luar lapangan untuk mendapatkan penanganan medis.

Dilansir Marca, setelah dilakukan pemeriksaan, penyerang asal Argentina ini didiagnosa mengidap cardiac arrythmia jantung atau mengalami kelainan irama jantung. Lalu, bagaimana nasib Aguero bersama Barcelona di masa yang akan datang usai diketahui menderita penyakit tersebut.

1. Mengenal aritmia jantung

Seberapa Parah Gangguan Jantung Sergio Aguero?potret Sergio Aguero bersama Barcelona (marca.com)

Aritmia jantung yang dirasakan Aguero, sesuai penjelasan Mayo Clinic, adalah kondisi di mana denyut jantung berdetak tak teratur. Penyebab masalah ini biasanya terjadi akibat sinyal elektrik yang mengatur ritme jantung tak berfungsi dengan normal.

Biasanya aritmia jantung ini akan meningkatkan detak jantung tak beraturan, atau bisa juga melambat, atau lebih parahnya terjadi tak beraturan.

Beruntung tingkat keparahan yang dirasakan Aguero tak terlalu tinggi, karena masih tersadar saat merasakan masalah itu dan tak mengalami kolaps.

Baca Juga: Barcelona Siap Depak Anak Bawaan Koeman

2. Sempat mengalami masalah jantung sejak belia

Seberapa Parah Gangguan Jantung Sergio Aguero?Sergio Aguero tes medis di Barcelona. (twitter.com/FCBarcelona)

Namun, itu baru analisis awal mengenai aritmia jantung yang dialami Aguero. Dia harus melakukan rangkaian tes lanjutan untuk mengetahui kondisi sebenarnya dan risiko dari penyakit yang dideritanya.

Aguero memang punya latar belakang kurang baik soal kesehatan jantungnya. Dia sempat mengalami masalah jantung sejak usia 12 tahun. Hanya saja, hal itu tak menjadi masalah besar hingga dia melanglang buana ke kompetisi Eropa.

Hal itu pun sempat jadi masalah saat Aguero bergabung dengan Barcelona pada musim panas lalu. Walau tak pernah mengalami masalah yang parah di lapangan, beberapa pihak mempertanyakan kondisi kesehatan apakah berisiko atau tidak bagi masa depannya.

3. Aguero absen membela Blaugrana

Seberapa Parah Gangguan Jantung Sergio Aguero?Sergio Aguero tes medis di Barcelona. (twitter.com/FCBarcelona)

Sejauh ini belum ada kabar pasti mengenai Aguero ke depannya. Terlebih, LaLiga juga menerapkan aturan ketat terkait kesehatan pemain, terutama soal jantung. Bukan tak mungkin, penyakit yang diderita membuat Aguero kesulitan kembali tampil untuk Blaugrana.

Namun, itu masih belum bisa dipastikan. Aguero sejauh ini masih melakukan pemeriksaan dan pemulihan untuk mengembalikan kondisinya.

Aguero pun dipastikan tak bisa memperkuat Barcelona dalam beberapa waktu ke depan, termasuk saat timnya mentas di ajang Liga Champions 2021/22 kontra Dinamo Kiev pada Rabu (3/11/2021). 

Baca Juga: Era Baru Barcelona Tanpa Ronald Koeman

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya