Sederet Fakta di Balik Performa Buruk Persija di Shopee Liga 1 2019

Persija sulit meraih kemenangan di Liga 1 musim ini

Jakarta, IDN Times - Nasib Persija Jakarta seperti roller coaster musim ini. Setelah begitu digdaya dengan menjadi kampiun di Liga 1 2018, musim ini mereka menjadi pesakitan karena hingga memasuki pekan terakhir putaran pertama, mereka masih berkutat di posisi 17 klasemen sementara.

Walau masih menyisakan tiga laga tunda, performa skuat Macan Kemayoran memang layak dikatakan jeblok musim ini. Selain inkonsistensi, banyak hal yang membuat Persija musim ini tampil melempem, termasuk keluarnya beberapa pilar yang musim lalu mampu menjadi andalan.

Banyak hal menarik di balik menurunnya performa Persija musim ini. Berikut sederet fakta-fakta yang membuat Persija terperosok di zona degradasi.

1. Persija jadi tim paling sedikit menang

Sederet Fakta di Balik Performa Buruk Persija di Shopee Liga 1 2019ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Skuat Macan Kemayoran jadi tim yang paling sedikit meraih kemenangan di antara tim lain di Liga 1, sama dengan torehan Semen Padang yang berada di posisi juru kunci. Keduanya hanya bisa memperoleh dua kemenangan saja musim ini.

Kedua kemenangan tersebut berhasil ditorehkan di laga kandang saja. Sisanya, Persija selalu kesulitan saat memainkan pertandingan tandang musim ini dengan tiga kali kekalahan dan empat hasil imbang.

Persija cuma mampu mengumpulkan 14 poin dari 14 pertandingan yang telah dijalani, dengan rincian dua kali menang, delapan imbang, dan empat kali kalah musim ini. Mereka memegang rekor sebagai tim terbanyak meraih hasil imbang dibandingkan kontestan lainnya.

Baca Juga: Kiper PSM Tampil Sempurna, Persija Harus Puas Berbagi Angka

2. Persija termasuk tim paling sedikit mencetak gol di putaran pertama

Sederet Fakta di Balik Performa Buruk Persija di Shopee Liga 1 2019persija.id

Masalah lain yang membuat Persija kesulitan musim ini adalah produktivitas golnya yang cukup jeblok. Mereka termasuk dalam empat tim dengan perolehan gol terendah, yakni 16 gol, hanya lebih baik dari Perseru Badak Lampung (14), Semen Padang (13), dan PSIS Semarang (12).

Hal itu amat disayangkan, padahal lini belakang Persija masih cukup baik. Mereka termasuk enam tim yang paling sedikit kebobolan karena cuma kemasukan 17 gol, hanya kalah dari Bali United (11), PSM Makassar (13), Madura United (15), dan Persipura (16).

3. Performa Persija di putaran pertama tak sebagus musim lalu

Sederet Fakta di Balik Performa Buruk Persija di Shopee Liga 1 2019ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jika dibandingkan musim lalu, performa setengah musim Persija memang cukup jauh. Mereka bisa mengumpulkan tujuh kemenangan, empat kali imbang, dan enam kali kalah.

Berbanding terbalik dengan musim ini, dua kali menang, delapan imbang, dan empat kali kalah. Mereka menyisakan tiga laga saja di putaran pertama ini karena perubahan jadwal.

Baca Juga: Sebiji Poin Berharga, Ini 4 Fakta Hasil Imbang PSM di Kandang Persija

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya