Sehari Jelang Lawan Torino U-17, Garuda Select Asah Komunikasi Pemain

Koordinasi disebut-sebut sebagai hal krusial di pertandingan

Jakarta, IDN Times - Sehari jelang pertandingan menghadapi Torino U-17 di Lascaris Field, Turin, pada Rabu (8/1), tim pelatih Garuda Select terus membenahi kesiapan anak asuhnya. Duet Dennis Wise selaku direktur teknik dan Des Walker sebagai pelatih kepala, terus mengingatkan para pemainnya untuk tetap berkomunikasi selama pertandingan.

Komunikasi dianggap penting karena menurut kedua pelatih ini, hal tersebut krusial kala bermain sepak bola baik dalam fase bertahan atau pun menyerang.

1. Lini bertahan diajarkan untuk pahami pentingnya komunikasi antar-pemain

Sehari Jelang Lawan Torino U-17, Garuda Select Asah Komunikasi PemainDes Walker dan skuat Garuda Select yang akan bertanding di Italia (Dok. IDN Times/Mola TV)

Sebagai gambaran, dari 11 pertandingan yang sudah dilakoni selama di Inggris, ada 21 gol yang dicetak oleh para pemain. Sementara untuk sektor bertahan, ada 19 gol bersarang ke gawang Garuda Select.

Pada latihan terakhir jelang pertandingan, Dennis Wise dan Des Walker memberikan arahan cukup penting kepada pemain belakang Garuda Select, Renaldi. Pemain milik akademi PSM Makassar tersebut diminta untuk terus mengawasi area sekitarnya dari eksploitasi pemain lawan.

“Jika ada gelandang lawan yang mencoba memancing kamu keluar, perhatikan pemain di sekitar. Jangan sampai terpancing maju dan meninggalkan area kosong di belakang. Komunikasikan dengan Bramdani dan Arsa di depan untuk back up,” kata Dennis Wise kepada Renaldi, dikutip dari rilis tertulis yang diterima IDN Times

Baca Juga: Dipantau Shin Tae-yong, Dua Bintang Garuda Select Siap Unjuk Gigi!

2. Renaldi mengakui arahan dari tim pelatih sangat krusial

Sehari Jelang Lawan Torino U-17, Garuda Select Asah Komunikasi PemainPemain belakang Garuda Select, Renaldi. (Dok. Mola TV)

Sang pemain pun memahami betul pentingnya saling berkoordinasi dalam beragam kondisi dalam pertandingan.

“Kalau ingin melakukan pergerakan, pastikan harus bersamaan dengan pemain di kanan dan kiri sehingga bisa saling menopang satu sama lain. Kalau ada ruang kosong yang ditinggalkan, itu berbahaya,” tutur Renaldi.

Para pemain Garuda Select sudah tiba di Italia sejak Kamis, 1 Januari 2020. Selama berada di sana, para pemain tetap menjalani rutinitas yang sama seperti di Inggris mulai dari latihan fisik di gym, latihan taktik di lapangan, belajar, hingga melakukan analisis video untuk pertandingan selanjutnya.

Jika berjalan sesuai rencana, rombongan tim akan berangkat ke Turin tepat pada hari pertandingan. Selama rangkaian tur Italia, Garuda Select akan selalu bertanding di markas lawan. Setelah menghadapi Torino di Lascaris, sepekan berselang, Renaldi dan kolega akan menyambangi Vinovo untuk menghadapi Juventus U-7 pada Kamis, 16 Januari 2020.

3. Besok, Garuda Select akan jalani laga perdana di Italia

Sehari Jelang Lawan Torino U-17, Garuda Select Asah Komunikasi PemainAsisten pelatih Garuda Select, Danny Holmes. Dok. IDN Times/Mola TV

Besok, Garuda Select akan menjalani laga perdana di Negeri Pizza dengan meladeni Torino U-17. Setelah berkutat dengan latihan sejak 1 Januari lalu, Subhan Fajri dan kolega akan diuji langsung dengan uji tanding terbuka

 

Penampilan Garuda Select dapat disaksikan melalui LIVE MATCH secara gratis di MOLA TV. Selain itu, MOLA TV juga menyediakan liputan dokumenter kegiatan latihan dan berbagai kehidupan para pemain selama mengikuti program Garuda Select.

Banyak hal menarik dan menyentuh yang layak menjadi pembelajaran bagi siapa pun yang ingin meraih impian, termasuk mimpi para pemain Garuda Select untuk menjadi pemain Tim Nasional Indonesia. Aksi-aksi dari para pemain Garuda Select bisa disaksikan di: https://mola.tv/categories/gs-ca

Baca Juga: H-2 Jelang Hadapi Torino U-17, Garuda Select Bersantai di Kota Milan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya