Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim Ini

Timnas U-19 uji coba di Kroasia dan lanjutkan TC di Eropa

Jakarta, IDN Times - Jadwal turnamen yang bakal diikuti oleh Timnas Indonesia U-19 selama di Kroasia bakal diundur. Sepak mula yang sejatinya bakal dihelat mulai 2 September 2020 ini, mundur tiga hari dari jadwal semula.

Kepastian tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan. Menurut dia, federasi sepak bola Kroasia (HNS) mengirimkan surat perubahan jadwal pertandingan turnamen tersebut.

"Pada awalnya Timnas U-19 akan memulai pertandingan 2 September namun federasi sepak bola Kroasia melakukan perubahan jadwal menjadi 5 September. Kami rasa tidak masalah, ini justru bagus untuk pemain yang dapat melakukan persiapan lebih panjang sebelum menjalani uji coba tersebut," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule ini dalam rilis resmi PSSI.

1. Timnas U-19 siap uji coba dengan Qatar, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb

Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim IniLatihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8/2020). (Herka Yanis/IDN Times)

Pada laga perdana nanti, Timnas U-19 bakal ditantang Bulgaria dalam pertandingan yang dijadwal berlangsung pada 5 September 2020 itu. Barulah tiga hari setelahnya mereka bakal bersua tuan rumah Kroasia, sebelum akhirnya menutup turnamen ini kontra Arab Saudi pada 11 September 2020.

Namun, tak berhenti sampai di situ saja. PSSI juga membuat rencana lain dengan menyiapkan uji coba melawan beberapa tim dari Eropa dan Asia. Lawan-lawan yang dipilih pun bukanlah tim sebarangan.

"Setelah mengikuti turnamen tersebut, Timnas U-19 melanjutkan uji coba dengan beberapa negara dan klub di Kroasia hingga akhir September mendatang. Lawan-lawan yang akan dihadapi yakni Qatar, Bosnia-Herzegovina, serta Dinamo Zagreb. Mereka merupakan tim kuat dan bagus untuk Timnas U-19," ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu.

Baca Juga: Jika Piala AFC U-19 Batal, Timnas U-19 Bakal Lanjutkan TC di Eropa

2. Piala AFC U-19 kemungkinan bakal diundur ke 2021

Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim Ini(Foto hanya ilustrasi) ANTARA/Hafidz Mubarak A/wsj

Timnas U-19 sendiri membawa 28 pemain untuk mengikuti TC dan turnamen di kampung halaman Luka Modric itu. Selain nama-nama langganan seperti David Maulana, Brylian Aldama, Bagas Kaffa, sampai Witan Sulaiman, ada dua pemain keturunan yang juga diajak Shin Tae-yong untuk unjuk kebolehan. Mereka adalah Elkan Bagott (Ipswich Town) yang tengah menunggu konfirmasi dari klubnya dan Jack Brown (Lincoln City).

Sebelumnya, PSSI juga sudah menyiapkan beberapa rencana bagi tim besutan Shin Tae-yong sampai dengan akhir 2020 mendatang. Hal itu dilakukan lantaran adanya kemungkinan Piala AFC U-19 yang bakal digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020 terancam batal.

Dikutip dari laman Facebook asosiasi sepak bola Uzbekistan (UFA), AFC tengah mencari opsi terbaik untuk menentukan jadwal anyar kejuaraan paling elite antar kelompok umur di Asia. Besar kemungkinan, Piala AFC U-16 dan U-19 bakal diundur ke 2021.

3. Timnas U-19 juga bakal melanjutkan TC di Eropa

Selain Turnamen, Timnas U-19 akan Jajal Kekuatan Lawan 3 Tim IniDok. PSSI/Herka Yanis P

Hal itu memang sedikit mengubah persiapan Timnas U-19 menuju Piala AFC U-19 2020. Semula, usai merampungkan TC yang digelar di Jakarta 23 Juli 2020 lalu dan melanjutkan turnamen di Kroasia, mereka bakal langsung terbang ke Uzbekistan untuk tampil di ajang tersebut.

Namun, opsi itu berubah. Timnas U-19 berencana untuk melanjutkan TC di Eropa usai melangsungkan turnamen dan beberapa uji coba di Kroasia. Hal itu dilakukan untuk mematangkan persiapan Beckham Putra Nugraha dan kolega sambil mempersiapkan diri tampil di Piala AFC U-19 dengan jadwal baru.

Selain itu, TC jangka panjang ini juga dilakukan sebagai persiapan Timnas U-19 untuk terjun di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal dihelat di rumah sendiri pada 2021 mendatang.

Baca Juga: Tiba di Kroasia, Shin Tae-yong Langsung Ajak Timnas U-19 Latihan

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya