Comscore Tracker

Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!

Andre sudah absen cukup lama akibat cedera parah

Jakarta, IDN Times - Kabar gembira datang dari skuat Garuda Select sebab kini, gelandang energik Andre Oktaviansyah, sudah pulih dari cedera lutut yang ia derita selama hampir dua tahun. Ia kembali merumput di lapangan hijau saat timnya mengandaskan Bournemouth U-18 dengan skor 0-2 pada 11 Maret 2020 lalu.

Gelandang yang tercatat sebagai kapten TIRA-Persikabo U-18 itu masuk di babak kedua menggantikan Dika Kuswardani. Andre bermain selama 21 menit pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-0 untuk Garuda Select tersebut.

"Alhamdulillah saya sudah pulih total karena pelatih tidak akan memberi izin main jika belum benar-benar sembuh. Selama pemulihan, menyentuh bola pun saya dilarang. Bahkan ada gerakan-gerakan tertentu yang sebisa mungkin dihindari," kata Andre dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. Andre sudah tak merasakan nyeri

Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!Pemain Garuda Select, Andre Oktaviansyah. Instagram/@andreoktavianers

Pada laga tersebut, Andre terlihat rileks sepanjang pertandingan. Bahkan, tak terlihat gangguan berarti ketika dirinya merumput kembali setelah sekian lama absen.

"Sekarang sudah tak merasakan sakit lagi. Namun, secara permainan, masih harus ditingkatkan di kesempatan-kesempatan berikutnya," kata pemain yang kerap disapa Cobra ini.

Baca Juga: Dari Sepatu Rp13 Ribu, Krisna Kini Diboyong Garuda Select ke Inggris!

2. Andre berharap bisa kembali ke performa semula

Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!Pemain Garuda Select, Andre Oktaviansyah. Instagram/@andreoktavianers

Tak mudah bagi pemain berusia 17 tahun tersebut untuk bisa mendapatkan kesempatan merumput kembali bersama Garuda Select. Butuh waktu tiga bulan bagi Andre sampai kembali diizinkan merumput kembali oleh tim yang dinakhodai Dennis Wise dan Des Walker, sejak bergabung lagi pada Desember 2019.

Ia memang menghabiskan sebagian besar waktunya di ruang perawatan dan pusat kebugaran. Pertandingan menghadapi Bournemouth menjadi awal baik baginya untuk kembali tampil di level sebagaimana mestinya.

"Semoga bisa kembali ke performa awal," ujar Andre yang semringah mendapatkan kembali menit bermain baru-baru ini.

3. Andre mendapatkan cedera saat bergabung dengan Garuda Select angkatan pertama

Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!pssi.org

Sementara itu, pelatih fisik Garuda Select, Jake Fitzsimmons, mengungkapkan jika Andre sudah mulai bisa mendapatkan kesempatan bermain walau masih belum penuh. Menurut dia, Andre perlahan sudah bisa melangkah ke tahap berikutnya.

"Ya, sekarang dia sudah sembuh 100 persen," kata Jake menilai pemain yang sempat membawa Timnas Indonesia U-16 jadi juara Piala AFF U-16 pada 2018 silam itu.

Penanganan Andre secara bertahap ini memang bukan tanpa alasan. Fisioterapis Garuda Select, Macauley Spurling, menceritakan, penanganan cedera Andre memang membutuhkan kehati-hatian. Butuh proses berlapis hingga sang pemain benar-benar dipastikan bisa bermain.

"Cederanya didapat sebelum bergabung ke Garuda Select angkatan pertama. Saya melihat ada kesalahan dalam penanganan cederanya. Kemudian ketika menghadapi Blackburn Rovers, kakinya terkilir hingga tulang rawan di lututnya robek," beber Macauley.

4. Penanganan cedera Andre benar-benar dipantau sampai kembali pulih

Sembuh Total, Andre Oktaviansyah Siap Bela Garuda Select!Latihan Garuda Select di Sporting Khalsa FC, Walsall (IDN Times/Isidorus Rio Turangga)

Sebelum kembali ke Indonesia, Andre sempat menjalani operasi pada April 2019. Kemudian tim pelatih Garuda Select memutuskan untuk memanggilnya kembali dan menjalani berbagai proses pemulihan dengan tenaga ahli di sini (Inggris).

"Andre benar-benar dipantau kondisinya hingga akhirnya boleh bermain lagi," tukas dia.

Program Garuda Select yang merupakan hasil kerja sama jangka panjang antara PSSI dan Mola TV diharapkan mampu menelurkan bakat-bakat muda terbaik, yang akan menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia di masa mendatang.

Baca Juga: Program Garuda Select Tetap Aman, meski Virus Corona Sampai di Inggris

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya