Comscore Tracker

Sempat Tertinggal, Persebaya Tahan Imbang Madura United 1-1

Madura United tampil menyerang

Jakarta, IDN Times - Persebaya gagal memanfaatkan kesempatan sebagai tuan rumah pada leg pertama babak perempat final Piala Indonesia tahun 2019 saat menjamu Madura United pada Rabu (19/6). Tampil di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Persebaya hanya bermain imbang 1-1.

Djadajang Nurdjaman menurunkan kekuatan penuh dalam duel kali ini. Pemain yang sebelumnya diragukan tampil karena cedera hamstring, Amido Balde, pun diturunkan sejak menit awal menemani dua striker lainnya, yakni Oktafianus Fernando dan Manuchehr Jalilov.

Sebaliknya, hal yang sama juga dilakukan oleh Madura United yang juga tampil dengan skuat terbaiknya. Mereka mencoba mengimbangi gaya main tuan rumah dengan mengandalkan pemain yang memiliki agresivitas tinggi macam Andik vermansyah dan Greg Nwokolo.

Tak sia-sia, baru dua menit berjalan Madura United sudah unggul cepat lewat gol yang diciptakan legiun asingnya, Aleksandar Rakic. Pemain asal Serbia itu berhasil menceploskan bola diantara dua kaki kiper Persebaya, Miswar Saputra sebelum menerima umpan ciamik Alberto 'Beto' Goncalves.

Tertinggal satu gol, Skuat bajul Ijo tersengat. Mereka mencoba mengejar ketertinggalan. Hanya saja, ancaman yang diberikan ke pertahanan Madura United masih belum membuahkan hasil karena pemain belakang Madura United tampil disiplin.

Sementara, tim tamu juga acap kali memberikan ancaman ke jantung pertahanan Persebaya yang fokus menyerang. Tak jarang, trio striker, Andik, Rakic, dan Greg mendapatkan peluang emas untuk menggandakan keunggulan.

kedua tim sebetulnya terus mencoba mencetak gol di babak pertama. Namun, tak satu pun gol bisa dilesakkan oleh tuan rumah maupun tim tamu, sehingga skor 0-1 untuk keunggulan Laskar Sape Kerrap pun bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Djanur melakukan sedikit perubahan di lapangan. Ia mengganti dua penyerangnya, Oktafianus Fernando dan Amildo Balde pada menit ke-52 dengan pemain yang lebih segar, yakni Osvaldo Haay dan Irfan Jaya agar serangan-serangan Persebaya lebih berbahaya.

Benar saja, hal itu berdampak positif. Dua menit berselang Persebaya berhasil menyamakan kedudukan melalui pemain anyarnya, Osvaldo Haay. Pemain asal Papua tersebut berhasil memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan mulut gawang Madura United yang dikawal Muhammad Ridho.

Setelah itu, Persebaya semakin meningkatkan tempo permainan. Mereka terus berusaha memaksakan kemenangan agar timnya lebih mudah menjalani leg kedua di kandang Madura United. Hanya saja, peluang-peluang yang diciptakan masih bisa dipatahkan oleh Ridho yang tampil gemilang pada laga tersebut.


Sepanjang sisa babak kedua berlangsung, Ridho masih saja bisa tampil sangat baik untuk mengawal gawangnya sehingga sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, Persebaya gagal menambah pundi-pundi gol. Sehingga, mereka harus puas bermain imbang 1-1 melawan Madura United di leg pertama ini.


Susunan pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya, Muhammad Syaifudin, Hansamu Yama, Ruben Sanadi (c); Muhammad Hidayat/Rachmat Irianto, Misbakhus Solikin, Damian Lizio; Oktafianus Fernando/Irfan Jaya, Amido Balde/Osvaldo Haay, Manuchehr Jalilov.

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho; Marcko Sandi, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama; Zulfiandi, Alberto Goncalves/Slamet Nurcahyo, Asep Berlian; Andik Vermansah, Aleksandar Rakic, Greg Nwokolo (c).

Baca Juga: Persib Ditahan Persikabo, Penyelesaian Akhir Jadi Sorotan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You