Shayne Pattynama Tiba di Indonesia, Siap Jalani Proses Naturalisasi

Shayne, Jordi, dan Sandy siap bela Timnas Indonesia

Jakarta, IDN Times - Shayne Pattynama akhirnya menunjukkan batang hidungnya di Jakarta pada Senin (30/5) siang. Pemain keturunan Indonesia ini  menjalani proses naturalisasi di Indonesia seperti yang sudah dilakukan Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sebagai bagian dari proses naturalisasi, setiap pemain yang direkomendasi untuk memperoleh status Warga Negara Indonesia (WNI) harus menjalani serangkaian agenda resmi yang dijadwalkan.

“Alhamdulillah Shayne sudah tiba di Indonesia dan akan menjalani agenda-agenda wajib di Jakarta. Perwakilan PSSI sudah menjemput dan tentu akan mengawal proses ini sampai selesai. Semua pemain sudah berkomitmen untuk menyelesaikan proses ini. Mereka akan mengikuti langkah-langkah yang sudah ditetapkan” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam rilis resmi PSSI, Selasa (31/5/2022).

1. Shayne tak sabar bisa bela Timnas Indonesia

Shayne Pattynama Tiba di Indonesia, Siap Jalani Proses NaturalisasiPemain Viking Fk, Shayne Pattynama, merupakan pemain keturunan Indonesia-Belanda yang siap melakukan proses nanturalisasi dan sudah mengirimkan dokumen penunjang demi bisa bela Timnas Indonesia. (Instagram/@s.pattynama)

Seperti sempat diberitakan sebelumnya, selama berada di tanah air, Shayne menjalani rangkaian agenda terkait proses naturalisasinya. Selain bakal berkunjung ke Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, Pemain Viking FK ini juga akan menjalani wawancancara tertutup dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan menjalani tes kesehatan.

“Terima kasih Ketua Umum PSSI, akhirnya bisa datang ke sini di tengah musim yang sibuk bersama tim saya. Semoga kita bisa menyelesaikan semua persyaratan yang dibutuhkan sehingga saya bisa bermain dengan Timnas Indonesia ke depannya” ujar Shayne.

Baca Juga: 10 Fakta Shayne Pattynama, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

2. Timnas Indonesia segera punya tiga pemain naturalisasi

Shayne Pattynama Tiba di Indonesia, Siap Jalani Proses NaturalisasiJordi Amat dan Sandy Walsh. (pssi.org)

Berjalannya proses naturalisasi Shayne, membuat Timnas Indonesia punya tambahan tiga pemain keturunan yang tampil di kompetisi Eropa. Sebelumnya, Jordi Amat dan Sandy Walsh juga sudah menjalani proses serupa dengan Shayne. 

Sambil menunggu proses naturalisasi rampung, keduanya bahkan sudah ikut berlatih dengan skuat Timnas Indonesia sebelum gelaran FIFA A Match yang akan berlangsung pekan ini di Bandung, Jawa Barat.

3. Jordi Amat dan Sandy Walsh belum bisa bela Timnas Indonesia

Shayne Pattynama Tiba di Indonesia, Siap Jalani Proses Naturalisasipotret Sandy Walsh (instagram.com/sandywalsh)

Namun demikian, Jordi dan Sandy, dipastikan tidak bisa memperkuat skuad Garuda di ajang kualifikasi Piala Asia 2023. Keduanya belum bisa dimanfaatkan Shin Tae Yong untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia, karena proses naturalisasi mereka belum rampung.

"Karena setelah selesai untuk administrasi kan masih ada perubahan asosiasi, dari Spanyol ke Belanda mudah-mudahan. Jadi untuk yang Pra Piala Asia tidak memungkinkan karena kita masih menunggu," ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, di Trans Luxury Hotel, Senin (30/5/2022).

Jordi Amat dan Sandy Walsh sebetulnya masih punya kesempatan tampil, dengan syarat Timnas Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

Baca Juga: Shayne Pattynama, Pemain Keturunan yang Siap Bela Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya