Comscore Tracker

Shin: Berkat Vietnam, Timnas U-23 Tahu Cara Atasi Myanmar

Timnas U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2021

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae Yong menyebut, rahasia anak asuhnya berhasil mengalahkan Myanmar tak lepas dari kontribusi Vietnam. 

Skuad Garuda mampu mengalahkan Myanmar 3-1 dalam duel terakhir Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Minggu (15/5/2022). Walhasil, Marc Klok dan kolega dipastikan melaju ke semifinal cabang olahraga sepak bola sebagai runner-up.

Lalu, kenapa bisa Vietnam memberikan kontribusi besar atas keberhasilan Timnas U-23 mengalahkan Myanmar?

1. Vietnam menunjukkan cara efektif redam Myanmar

Shin: Berkat Vietnam, Timnas U-23 Tahu Cara Atasi MyanmarShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Shin menyebut, Vietnam menunjukkan cara bermain yang efektif agar menang atas Myanmar. Berkat menonton duel Vietnam melawan Myanmar sebelumnya, dia tahu taktik yang baik agar Timnas U-23 bisa meredam kekuatan lawannya itu di laga pamungkas babak penyisihan SEA Games. 

“Berkat Vietnam kami tahu cara mengatasi Myanmar. Mereka punya organisasi permainan yang bagus. Cara terbaik melawannya adalah dengan menekan. Hal itu jadi cara yang saya pilih,” kata Shin dikutip The Thao 247.

Baca Juga: Timnas U-23 Atasi Myanmar Berkat Pressing yang Apik

2. Shin Tae Yong memang ingin Timnas U-23 kalahkan Myanmar

Shin: Berkat Vietnam, Timnas U-23 Tahu Cara Atasi MyanmarTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Sebetulnya, Timnas U-23 hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke babak semifinal SEA Games 2021. Namun, Shin tak mau mengambil risiko. Dia pun memilih tampil terbuka dan berusaha unggul lebih dulu agar bisa bermain nyaman.

Hasilnya pun berjalan efektif. Timnas U-23 bahkan bisa unggul 3-0 lebih dulu sebelum Myanmar bisa mencuri satu gol dalam duel kali ini.

“Saya mengetahui jika hasil imbang saja sudah cukup bagi Timnas U-23 lolos ke semifinal. Namun, saya mau anak-anak bisa meraih tiga poin dalam pertandingan melawan Myanmar itu,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

3. Timnas U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2021 sebagai runner-up

Shin: Berkat Vietnam, Timnas U-23 Tahu Cara Atasi MyanmarTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Berkat kemenangan itu, Timnas U-23 mampu mengumpulkan 9 poin dalam empat laga yang dijalani di Grup A. Mereka hanya kalah sekali dari tuan rumah Vietnam di laga pertama ajang ini. Total, skuad Garuda Muda mampu mencetak 11 gol dan kemasukan lima gol di fase ini.

Sementara, Vietnam berada di peringkat pertama dengan catatan 10 poin dengan mencetak enam gol dan rekor nirbobol. Mereka pun lolos ke semifinal dengan status juara Grup A.

Timnas U-23 sendiri masih menunggu lawan mereka di semifinal SEA Games 2021. Jika tidak bersua Malaysia, mereka akan bentrok dengan Thailand dalam laga penentuan memperebutkan tiket final nanti.

Baca Juga: [BREAKING] Timnas U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021 Usai Sikat Myanmar

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya