Comscore Tracker

Shin Tae-yong Beri Menu Latihan Berbeda untuk Kiper Timnas Indonesia

Kiper Timnas harus latihan 30 menit lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Baru melatih Timnas Indonesia senior tiga hari saja, Shin Tae-yong langsung membuat perubahan pada pola latihan anak asuhnya. Menu latihan kiper jadi salah satu yang tak luput dari transformasinya.

Dalam pemusatan latihan yang digelar di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Jakarta pada 14-22 Februari 2020 nanti, para kiper harus menambah durasi latihan 30 menit lebih awal di bandingkan pemain pada posisi lainnya.

Hal itu terlihat saat Andritany Ardhiyasa, Nadeo Argawinata, M. Riyandi, dan Adi Satrio sudah memulai latihan pukul 09.30 WIB pada Minggu (16/2).

1. Shin Tae-yong sebut menu latihan kiper yang berbeda sudah biasa dilakukan di Korsel

Shin Tae-yong Beri Menu Latihan Berbeda untuk Kiper Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Keempatnya mendapatkan porsi latihan yang lumayan berat dari pelatih kiper Kim Hae-woon yang ditemani penerjemah dan mantan kiper Persipura, Yoo Jae-hoon. Beberapa teknik dasar seperti menangkap pun tak luput dari program yang diberikan.

Shin Tae-yong pun membeberkan alasan kenapa kiper Timnas Indonesia mendapatkan menu latihan yang berbeda dibandingkan saat ditangani pelatih lainnya dulu. Menurut dia, ada menu latihan yang harus diselesaikan oleh kiper, sehingga durasi latihannya 30 menit lebih cepat.

"Kiper memang harus latihan lebih cepat, memang di Eropa dan di Korea Selatan (Korsel) pun seperti itu melakukannya. Jadi kalau misalnya berbarengan dengan pemain, intensitas dari kiper sendiri tak akan meningkat dan akan kurang efisien," kata Shin Tae-yong kepada awak media.

Baca Juga: [FOTO] Shin Tae-yong Debut Latih Timnas Senior, Empat Pemain Absen

2. Jika latihan berbarengan dengan pemain lain, Shin Tae-yong nilai kiper tak bisa berkembang

Shin Tae-yong Beri Menu Latihan Berbeda untuk Kiper Timnas IndonesiaKiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata (tengah). IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Di mata pelatih asa Korsel tersebut, posisi kiper memang begitu krusial. Oleh sebab itu, kiper harus lebih dahulu melakukan latihan.

"Kalau misalnya latihan berbarengan dengan pemain lain, akan sedikit latihannya. Jadi kualitas kiper tidak akan bisa meningkat nantinya," ujar Shin Tae-yong.

3. Menu latihan Shin tae-yong masih fokus ke stamina pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Beri Menu Latihan Berbeda untuk Kiper Timnas IndonesiaPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Disinggung mengenai program latihan skuat Garuda secara keseluruhan, Shin Tae-yong menyebut program kali ini masih dalam proses peningkatan stamina, setelah itu nanti baru akan memulai ke teknik, seperti variasi passing yang dikombinasikan dengan position game.

Agenda pemusatan latihan Stefano Lilipaly dan kolega kali ini bakal berlangsung sampai 22 Februari 2020. Hal itu dilakukan sebagai bagian dari persiapan menuju laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020 melawan Thailand dan Uni Emirat Arab.

Jadwal pemusatan latihan Timnas Indonesia sendiri sebelumnya mengalami pengunduran selama sepekan. Jadwal yang semula bakal dimulai pada 10 Februari, molor menjadi 14 Februari 2020. Hal itu dilakukan lantaran Shin Tae-yong ingin memantau pemain pada pertandingan di AFC Cup 2020 dan Piala Gubernur Jatim.

Baca Juga: Shin Tae-yong: Kemampuan U-19 Tak Sehebat Timnas Senior, tapi...

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya