Shin Tae-yong kembali ke Indonesia Rabu Malam Ini, Siap Pimpin Timnas

Shin Tae-yong pimpin TC Timnas U-19 dan Timnas Senior

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dipastikan mendarat di tanah air pada Rabu (22/7/2020) malam. Hal itu disampaikan langsung Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut direncanakan bakal langsung memimpin pemusatan latihan (TC) yang akan digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 23 Juli-8 Agustus 2020.   

1. Penggawa Timnas Indonesia akan menjalani swab test lebih dulu

Shin Tae-yong kembali ke Indonesia Rabu Malam Ini, Siap Pimpin TimnasPemain Timnas Indonesia senior saat melakukan latihan. IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Namun seluruh pemain dan ofisial yang terlibat dalam TC diwajibkan mengikuti Swab Test terlebih dahulu, yakni pada Jumat 24 Juli 2020. Barulah setelah semuanya kelar, seluruh tim bakal memulai latihan sehari setelahnya.

Para penggawa Timnas Senior dan Timnas U-19 sendiri dijadwalkan bakal berkumpul di Jakarta sehari setelah kedatangan Shin Tae-yong, tepatnya pada Kamis (23/7/2020), guna mengikuti protokol yang sudah disiapkan sebelum latihan digelar.

2. Ketum PSSI bakal beri pengarahan terkait protokol kesehatan untuk TC ke pemain Timnas Indonesia

Shin Tae-yong kembali ke Indonesia Rabu Malam Ini, Siap Pimpin TimnasKetum PSSI M Iriawan Hadiri meeting virtual/ Dokumentasi PSSI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule bakal memberikan arahan kepada seluruh elemen tim untuk memastikan protokol kesehatan yang ketat dijalankan dengan disiplin.

Hal serupa juga pernah dilakukan olehnya ketika Timnas U-16 menggelar TC pekan lalu. Hal ini dilakukan karena Indonesia masih dalam pandemi COVID-19.

PSSI sebelumnya sudah merilis pemain-pemain yang mengikuti TC kali ini, dengan rincian 29 pemain senior dan 46 pemain U-19.

3. Timnas Senior disiapkan untuk Piala AFF 2020

Shin Tae-yong kembali ke Indonesia Rabu Malam Ini, Siap Pimpin TimnasTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

TC kali ini dilakukan bersama, berbeda seperti beberapa waktu sebelumnya. Maklum, di tengah kondisi ketidakpastian ini, baik Timnas Senior dan Timnas U-19 harus segera disiapkan guna menghadapi beberapa agenda.

Timnas Senior masih dihadapkan pada tiga laga sisa babak kualifikasi Piala Dunia 2022, di antaranya kontra Thailand pada 8 Oktober, Uni Emirat Arab (UEA) lima hari setelahnya, dan ditutup lawatan ke Vietnam pada 12 November 2020.

Selain itu, mereka juga disiapkan untuk mentas di ajang Piala AFF yang rencananya ditabuh mulai November-Desember 2020.

4. Timnas U-19 bakal disiapkan menghadapi Piala Dunia U-20

Shin Tae-yong kembali ke Indonesia Rabu Malam Ini, Siap Pimpin TimnasPemain Timnas U-19, Witan Sulaiman. pssi.org

Agenda yang tak kalah penting juga kini menanti Timnas U-19. Sebab, tiga bulan lagi mereka harus berjuang di Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Walhasil, persiapan matang pun harus dilakukan demi meraih poin maksimal.

Lawan yang dihadapi pun tak main-main. Garuda Muda berada di grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Setahun berselang, atau tepat pada 2021 nanti, Bagas Kahfa dan kolega ini akan tampil di Piala Dunia U-20 yang notabene bakal digelar di rumah sendiri.

Baca Juga: [BREAKING] 46 Nama Dipanggil PSSI untuk TC Timnas U-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya