Comscore Tracker

Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak Tangguh

Timnas Indonesia tak pernah kalah dari Timor Leste

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, mengomentari calon lawan anak asuhnya di laga uji coba internasional bertajuk FIFA Match Day, Timor Leste. Dia menilai, kualitas Timor Leste tak terlalu bagus untuk menguji kemampuan Pasukan Garuda.

Kedua tim dijadwalkan bertemu dua kali dalam jeda internasional akhir Januari 2022. Duel perdana Timnas Indonesia melawan Timor Leste ini bakal digelar di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).

"Maaf, jika boleh jujur, Timor Leste tak terlalu bagus. Saya hanya menonton mereka di Piala AFF saja," kata Shin dikutip di kanal YouTube PSSI, Senin (24/1/2022).

1. Rekor buruk Timor Leste di Piala AFF 2020

Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak TangguhTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Menilik pernyataan Shin, Timor Leste memang punya kualitas yang tak bagus-bagus amat. Sepak terjangnya di Piala AFF 2020 lalu menunjukkan jika mereka masih sulit bersaing dengan negara lain. Terbukti, tim besutan Fabio Maciel ini finis sebagai juru kunci dalam ajang tersebut.

Dalam empat aksinya, tak sekalipun Timor Leste mampu meraih poin. Mereka mengalami empat kekalahan, masing-masing dari Thailand (0-2), Myanmar (2-0), Filipina (0-7), dan Singapura (2-0). 

Catatan itu diperburuk dengan keadaan di mana Timor Leste tak sanggup sekalipun mencetak gol selama mentas di Piala AFF edisi kali ini. Hal itu sudah cukup jadi catatan Shin menilai calon lawan Timnas Indonesia.

Baca Juga: Timnas Indonesia Panaskan Mesin Jelang Lawan Timor Leste

2. Timnas Indonesia terlalu dominan

Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak TangguhTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Secara head to head, Timnas Indonesia masih sangat tangguh di hadapan Timor Leste. Dalam empat pertemuan yang sudah berlangsung sejak terdaftar sebagai bagian dari konfederasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) dan Asia (AFC) pada 2004 silam, Timor Leste tak pernah menang.

Pertemuan pertama yang digelar pada 2010 lalu, mereka dibuat tak berdaya dengan kalah telak 0-6 dari Timnas Indonesia. Dua tahun setelahnya, mereka sedikit tampil mengejutkan dan bermain bagus walau pada akhirnya kalah tipis 0-1.

Lalu, di pertemuan ketiga pada 2014, Timnas Indonesia yang tengah mempersiapkan diri menuju Piala AFF, menjajal Timor Leste lagi. Hasilnya, sang tamu dibabat habis 4-0 dalam duel tersebut.

Pertemuan terakhir kedua negara terjadi empat tahun lalu, saat keduanya berada satu grup di Piala AFF 2018. Timor Leste pertama kalinya berhasil membobol gawang Timnas Indonesia. Namun, mereka kalah 1-3 dalam pertandingan itu.

3. Pilih Timor Leste karena kesulitan cari lawan

Shin Tae Yong: Maaf, Timor Leste Tak TangguhTimor Leste tak bisa berbuat banyak di Piala AFF dan hanya jadi juru kunci Grup A Piala AFF 2020 tanpa sekalipun meraih kemenangan. (affsuzukicup.com)

Kini, kedua tim bertemu untuk kelima kalinya. Timnas Indonesia yang sejatinya akan berhadapan dengan Bangladesh dalam laga uji coba internasional sebanyak dua kali, terpaksa batal. Calon lawannya itu tak bisa memenuhi regulasi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah Indonesia selama COVID-19.

Walhasil, PSSI sempat ketar-ketir mencari lawan tanding Timnas Indonesia dalam waktu singkat. Mereka pun terpaksa mengundang negara yang bersedia datang dengan prokes yang diberlakukan. Kebetulan, Timor Leste menyanggupinya.

Mau tak mau, Timnas Indonesia harus menjajal kekuatan Timor Leste dalam pertandingan uji coba FIFA Match Day. Walau masih dominan atas lawannya itu, semoga saja Timor Leste memberikan kejutan dengan tampil bagus di dalam pertandingannya nanti.

Baca Juga: Ini Jadwal Timnas Indonesia Jajal Timor Leste di FIFA Match Day

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya