Shin Tae Yong Mulai Berikan Latihan Taktik kepada Timnas Indonesia

Timnas Indonesia bakal uji coba lawan Afganistan dan Oman

Jakarta, IDN Times - Menjalani pemusatan latihan (TC) hampir sepekan, Timnas Indonesia mulai melakukan latihan taktik dan teknik. Menu itu diberikan sang pelatih Shin Tae Yong kepada Adam Alis dan kolega dalam latihan di lapangan JA Sports Center and Shooting Club, Jumat (21/5/2021) malam.

Dalam beberapa kali latihan yang sudah dilakukan sebelumnya, tim pelatih lebih menitikberatkan latihan pada fisik. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan kondisi kebugaran pemain lebih dahulu. 

“Sore ini kami latihan taktikal dan menembak (shooting drill) dimana saya melihat para pemain berusaha sebaik mungkin untuk bisa mengikuti instruksi yang saya inginkan,” kata Shin dalam rilis resmi PSSI.

Baca Juga: Asnawi Latihan Terpisah di Timnas Indonesia, Kenapa?

1. Timnas Indonesia terus menunjukan peningkatan

Shin Tae Yong Mulai Berikan Latihan Taktik kepada Timnas IndonesiaAsnawi Mangkualam saat menjalani latihan bersama Timnas Indonesia di Dubai. (pssi.org).

Pelatih asal Korea Selatan itu memastikan, anak asuhnya terus menunjukkan grafik yang meningkat dari setiap latihan. Hal itu membuatnya senang, terlebih adaptasi yang dilakukan seluruh penggawa Timnas Indonesia tak memiliki kendala.

“Semua pemain beradaptasi dengan suhu dan cuaca disini, pemain-pemain lebih baik dan lebih bekerja keras di sini daripada di Jakarta, mental mereka pun sudah berubah menjadi lebih baik,” ujar pelatih berusia 51 tahun itu.

Shin juga senang melihat empat pemain yang berkarier di luar negeri, yakni Ryuji Utomo, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Witan Sulaiman sudah bergabung dengan skuat Garuda.

“Empat pemain itu sangat baik, tetapi ada dua pemain yang masih dalam pemulihan fisik (Ryuji Utomo dan Asnawi Mangkualam Bahar), mungkin dalam waktu singkat akan menjadi lebih baik,” bebernya.

Baca Juga: Target Shin Tae Yong di 3 Laga Kualifikasi Piala Dunia 2022

2. Shin Tae Yong ungkapkan cara timnya meraih hasil maksimal

Shin Tae Yong Mulai Berikan Latihan Taktik kepada Timnas IndonesiaShin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Secara singkat Shin juga menilai bagaimana kekuatan calon lawan Timnas Indonesia di sisa kualifikasi Piala Dunia 2022. Menurut dia, tim-tim yang dihadapi punya kualitas yang lebih bagus dari anak asuhnya. Ada beberapa hal yang membuat ia berbicara seperti itu.

“Itu karena liga dan kompetisi mereka bergulir terus. Jadi fisik dan pengalaman pertandingan yang didapat oleh pemain lebih banyak serta lebih baik dari kita. Namun itu tidak masalah, di sinilah kita berusaha dan mencoba mengubahnya,” kata Shin

Namun demikian, Shin sudah punya cara agar timnya tetap bisa meraih hasil terbaik di sisa laga tersebut. Ia sengaja terus melakukan latihan power guna meningkatkan kekuatan fisik sang pemain. 

“Sekarang, tinggal pemain-pemain saja yang harus mempertaruhkan nyawanya, di pertandingan-pertandingan berikutnya,” ujar dia.

3. Gelar dua laga uji coba sebelum menjalani laga sisa kualifikasi Piala Dunia 2022

Shin Tae Yong Mulai Berikan Latihan Taktik kepada Timnas IndonesiaTimnas Indonesia Senior saat tampil di pertandingan (IDN Times/Herka Yanis)

Timnas Indonesia sengaja terbang ke Uni Emirat Arab (UEA) lebih cepat. Sebelum mentas di babak kualifikasi, mereka dijadwalkan bakal uji coba melawan Afghanistan (25 Mei 2021) dan Oman (29 Mei).

Baru setelah itu, mereka bakal menyelesaikan tiga laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, yakni melawan Thailand (3 Juni), Vietnam (7 Juni), dan Uni Emirat Arab (11 Juni). Seluruh laga tersebut bakal dilangsungkan di UEA.

Rangkaian agenda itu merupakan usaha Timnas Indonesia tampil maksimal menjalani laga sisa di babak kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2022: Timnas Indonesia Main Juni

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya