Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia? Ketum PSSI: Dalam Finalisasi

Shin Tae-yong bakal pimpin Timnas di kualifikasi Piala Dunia

Jakarta, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dikabarkan telah memilih Shin Tae-yong sebagai juru racik baru Timnas Indonesia. Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut Shin Tae-yong hanya tinggal selangkah lagi menjadi pelatih timnas.

"Pelatih Timnas Indonesia sedang dalam finalisasi satu minggu ke depan. Nanti kalau sudah fix akan diumumkan," kata pria yang kerap disapa Iwan Bule tersebut dikutip dari Antara, Selasa (24/12).

1. Shin Tae-yong bakal pimpin Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2022?

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia? Ketum PSSI: Dalam FinalisasiPresentasi Shin Tae-yong di hadapan pengurus PSSI. pssi.org

Jika nanti betul Sih Tae-yong jadi pelatih Timnas Indonesia, tugas pertamanya adalah membawa Febri haryadi dan kolega menyelesaikan babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Walau sudah dipastikan gagal, Timnas Indonesia masih menyisakan tiga laga sisa.

Timnas Indonesia harus bertandang ke markas Thailand pada 26 Maret 2020. Lima hari berselang, skuat Merah Putih juga bakal menjamu Uni Emirat Arab di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Terakhir, mereka bakal dijamu Vietnam 4 Juni 2020.

2. Cucu belum bisa mengkonfirmasi Shin Tae-yong gabung Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia? Ketum PSSI: Dalam FinalisasiMantan pelatih Korsel, Shin Tae-yong. Chosun.com

Kabar penunjukkan Shin Tae-yong memang santer terdengar sejak Senin (23/12) pagi WIB. Bahkan, isu tersebut ramai diperbincangkan usai beberapa media merilis kabar itu. Namun demikian, hingga sejauh ini PSSI mengumumkan secara resmi Shin Tae-yong jadi pelatih anyar skuat Garuda.

Ketika dikonfirmasi langsung kepada Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan masih belum mau menjawab dengan gamblang. Ia menyebut dirinya sedang fokus beribadah ke Tanah Suci.

"Mohon Maaf, saya sedang umroh. Nanti saya jawab jika sudah pulang," kata Cucu kepada IDN Times, Selasa (24/12).

3. Exco sebut kemungkinan pengumuman pelatih pada Kongres Tahunan PSSI 2020

Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia? Ketum PSSI: Dalam Finalisasiinstagram.com/yoyok_sukawi

Sementara, salah satu Exco PSSI, Yoyok Sukawi menyebut jika keputusan pelatih itu harus melalui persetujuan Exco. Bisa jadi, pengumuman pelatih anyar Timnas Indonesia pun diputuskan dan diagendakan nanti saat Kongres Tahunan PSSI digelar Januari 2020 mendatang.

"Mungkin bisa saja pemilihan pelatih Timnas Indonesia, entah itu Shin Tae-yong atau Luis Milla, diputuskan langsung oleh Ketum PSSI pada Kongres Januari 2020. Makanya jangan berandai-andai dan menebak-nebak dulu," tukas Yoyok.

Sebelumya, PSSI menyebut dua kandidat kuat yang bakal menjadi pelatih Timnas Indonesia, yakni Luis Milla dan Shin Tae Yong. Bahkan, keduanya juga sudah melakukan presentasi di hadapan para Exco PSSI beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pelatih Anyar Timnas Indonesia akan Diumumkan di Kongres Tahunan PSSI?

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya