Shin Tae-yong Bidik Lagi Pemain Keturunan untuk Timnas U-19, Siapa?

Elkan Bagott dan Jack Brown sudah masuk Timnas U-19

Jakarta, IDN Times - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sudah mengantongi 30 nama pemain Timnas U-19 yang bakal melakukan pemusatan latihan (TC) di Kroasia, dua di antaranya merupakan pemain keturunan.

Selain Elkan Bagott dan Jack Brown, Shin Tae-yong pun sudah mengutarakan masih membutuhkan beberapa pemain keturunan untuk menambah kekuatan skuat Garuda Muda. Hanya saja, dirinya tak menguraikan nama-nama yang menjadi bidikannya.

"Saya masih mencari pemain keturunan. Setiap posisi pastinya harus ada, striker dan gelandang, dan pemain bertahan (bek) harus ada," kata Shin Tae-yong.

1. Shin Tae-yong ajukan syarat ini untuk pemain keturunan yang ingin bergabung dengan Timnas U-19

Shin Tae-yong Bidik Lagi Pemain Keturunan untuk Timnas U-19, Siapa?Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas Indonesia (IDN Times/Herka Yanis)

Namun, dia memastikan tak akan mengambil pemain keturunan yang asal-asalan. Beberapa syarat pun harus dipenuhi oleh pemain keturunan yang ingin membela Timnas U-19 di dua ajang berbeda, yakni Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2020.

Hal yang paling disorot oleh Shin Tae-yong adalah mengenai postur ideal. Selain punya pengalaman menimba ilmu di klub Eropa, dia menginginkan pemain yang punya postur cukup tinggi. Maklum, lawan-lawannya di dua kompetisi tersebut diyakini memiliki postur yang bagus.

"Untuk main di Piala Dunia U-20, kami harus mencari pemain dengan postur tubuh yang baik," ujar pelatih berusia 51 tahun tersebut.

Baca Juga: Ketimbang Naturalisasi, Timnas U-19 Bisa Lirik 5 Bintang Garuda Select

2. Beberapa pemain keturunan sudah dikaitkan dengan Timnas U-19

Shin Tae-yong Bidik Lagi Pemain Keturunan untuk Timnas U-19, Siapa?Instagram/@elkanbaggott

Beberapa nama pemain keturunan pun kini dikaitkan dengan Timnas U-19. Mereka dinilai punya potensi yang bisa menambah kekuatan skuat Garuda Muda dalam ajang Piala Dunia U-20 tahun depan. Bahkan, beberapa orang pemain sudah masuk radar federasi.

"Yang di luar nanti kita lihat. Syukur-syukur ada korelasinya turunan kakek atau neneknya ada di Indonesia," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule kepada IDN Times beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, beberapa pemain keturunan yang kini berkiprah di luar negeri pun sudah bisa terdeteksi, sebut saja Joe Ferguson (Blackburn Rovers U-18), Miliano Jonathans (Vitesse U-16), Djenahro Nunumete (Heerenveen U-19), Tristan Gooijer (Ajax-17), Stefan Antonic (Southern District FC), sampai Noah Gesser (Ajax Amsterdam U-16).

3. PSSI bakal naturalisasi pemain muda Brasil?

Shin Tae-yong Bidik Lagi Pemain Keturunan untuk Timnas U-19, Siapa?Slide webinar PSSI x IDN Times tentang naturalisasi pemain (IDN Times/Isidorus Rio)

Di luar isu tersebut, jagat sepak bola nasional masih diramaikan dengan isu naturalisasi lima pemain asal Brasil. Walau beberapa orang dari klub dan pemain sudah menyebutkan jika mereka merupakan proyeksi PSSI untuk dinaturalisasi, belum ada kejelasan terkait hal tersebut dari federasi.

Hanya saja Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri yang menyebut jika kedatangan lima pemain muda asal Brasil, tak ada sangkut pautnya dengan Timnas U-19.

Terlepas dari jadi atau tidaknya Indonesia menggunakan pemain keturunan atau naturalisasi, tuntutan pencinta sepak bola Tanah Air sejak dulu belum berubah, yakni melihat Indonesia memiliki prestasi gemilang di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga: Daftar 30 Pemain Timnas U-19 yang Diboyong ke Kroasia

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya