Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia kesulitan saat bentrok dengan Vietnam

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia bakal melanjutkan perjalanannya di babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Kali ini, mereka ditunggu lawan kuat Vietnam dalam laga Grup G yang bakal digelar di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin (7/5/2021). 

Laga kali ini tak kalah sulit. Sebab, Timnas Indonesia tak punya rekor yang bagus saat bersua Vietnam di ajang internasional. 

“Pertandingan pertama melawan Thailand para pemain sudah bekerja keras, jadi sebenarnya laga besok akan lebih sulit daripada sebelumnya. Namun, pemain sudah mulai percaya diri, saya yakin pertandingan nanti melawan Vietnam akan lebih baik,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers sebelum laga.

Baca Juga: Dicoret Shin Tae Yong dari Timnas Indonesia, Nurhidayat Minta Maaf

1. Vietnam dinilai punya kekuatan seimbang dalam menyerang dan bertahan

Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas IndonesiaPemain Vietnam Doao Van Hau mencetak gol ke gawang Indonesia pada final SEA Games 2019 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong sangat mewaspadai kekuatan Vietnam. Menurut dia, permainan calon lawannya itu sangat bagus. Mereka tampil seimbang, baik dalam menyerang dan bertahan. 

Daya juang mereka baik, timnya juga baik, sehingga mendapatkan peringkat satu di grup, saya juga menonton pertandingan mereka sebelumnya, mereka seimbang saat menyerang dan bertahan,” ujar pelatih asal Korea Selatan itu.

2. Timnas Indonesia tak merasa dirugikan soal cuaca panas di UEA

Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas IndonesiaPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Walau cuaca di UEA yang terbilang panas, Shin menilai hal itu tak berpengaruh untuk Timnas Indonesia saja. Sebab, seluruh tim juga merasakan hal serupa, sehingga itu tak bisa dijadikan alasan timnya dirugikan dengan kondisi tersebut.

“Untuk cuaca panas, bukan hanya tim Indonesia saja yang merasakan, tapi seluruh tim yang ada di sini, semuanya merasakan hal yang sama, jadi itu tidak masalah,” beber pelatih berusia 52 tahun itu.

Shin memastikan jika tak ada pemain yang bakal absen dalam duel melawan Vietnam. Ia mengisyaratkan siap menurunkan kekuatan terbaik Timnas Indonesia. Hanya saja, Ryuji Utomo yang mengalami cedera, terpaksa dipulangkan lantaran berisiko jika memaksakan bek tangguh itu tampil.

Baca Juga: Wajah Baru Timnas Indonesia bersama Shin Tae Yong

3. Shin Tae Yong puji Park Hang Seo

Shin Tae Yong Waspadai Vietnam yang Bisa Merepotkan Timnas IndonesiaPelatih Vietnam, Park Hang Seo. the-afc.com

Lebih jauh, menilai duel yang akan dihadapinya melawan pelatih Vietnam, Park Hang Seo, Shin menyebut jika hal itu biasa saja. Namun demikian, ia menaruh respek terhadap seniornya yang sama-sama berasal dari Korsel. Terlebih, ia sudah menunjukkan bisa mengubah sepak bola Vietnam berkembang.

"Pelatih Vietnam Park Hang Seo, dia punya prestasi baik, dan hasil yang baik di Vietnam, dan menjadi pahlawan bagi sepak bola di sana, mereka juga berproses dengan baik juga. Saya sendiri, pernah memimpin Korsel menang melawan Jerman 2-0 di Piala Dunia 2018. Mungkin karena itu, media di Korea Selatan ataupun orang-orang tertarik dengan laga esok," tukas dia.

Sebelumnya Timnas Indonesia bermain sangat baik saat menahan imbang Thailand 2-2 pada laga kelima Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal itu jadi modal cukup baik bagi skuat Garuda untuk kembali meraih hasil positif saat bersua melawan Vietnam nanti malam.

Baca Juga: Menpora Amali Puji Pemain Timnas, Shin Tae-yong dan PSSI

Topik:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya