Comscore Tracker

Siapa Sangka, 4 Pesepak Bola Ini Punya Gelar Akademis yang Mumpuni!

Bukti bahwa pendidikan dan pekerjaan bisa selaras!

Jakarta, IDN Times - Siapa bilang jika pemain harus mengorbankan pendidikan untuk bisa meraih sukses di dunia sepak bola? Hal itu tak berlaku bagi mayoritas orang, termasuk para pemain yang tengah berkarier di Eropa.

Tak sedikit pesepak bola Eropa memiliki latar belakang pendidikan tinggi. Selain punya kemampuan di lapangan hijau, mereka juga punya kecerdasan mumpuni lantaran bisa menyelesaikan kuliah hingga sarjana bahkan magister.

Hal itu tak lepas dari kesadaran mereka terkait pentingnya pendidikan tinggi, terutama sebagai bekal pemain jika memasuki masa purnatugas.

Berikut beberapa pesepak bola dunia yang mempunyai gelar tinggi di dunia pendidikan.

1. Giorgio Chiellini

Siapa Sangka, 4 Pesepak Bola Ini Punya Gelar Akademis yang Mumpuni!twitter.com/chiellini/

Dikenal garang di lapangan, tak ada yang tahu jika Giorgio Chiellini punya kepedulian tinggi terhadap pendidikannya. Buktinya, dia berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di University of Turin’s School of Management and Economics dengan gelar magister jurusan administrasi bisnis.

Tak hanya sekadar lulus, pemain Juventus ini juga punya prestasi mentereng di dunia pendidikan, karena lulus dengan status cumlaude. Prestasi tersebut memang sering diraihnya sejak masih duduk di bangku sekolah.

Baca Juga: Butuh Playmaker, AC Milan Ingin Memboyong Juan Mata

2. Juan Mata

Siapa Sangka, 4 Pesepak Bola Ini Punya Gelar Akademis yang Mumpuni!en.as.com

Sama dengan Chiellini, pemain Manchester United Juan Mata juga punya prestasi mengilap di pendidikan. Bedanya, Mata menyelesaikan program sarjana dua jurusan sekaligus.

Pertama dia rampung menyelesaikan sarjana jurnalisme di Universitas Madrid. Selanjutnya, dia kembali mengenyam pendidikan tinggi saat berada di Manchester United, dengan berhasil mengantongi gelar sarjana Marketing and Sports Science dari Universitas Manchester.

Semua itu diraihnya dengan cukup sulit. Maklum, gelar tersebut didapatkan ketika pemain asal Spanyol itu menjalani kompetisi padat di Liga Inggris.

3. Robert Lewandowski

Siapa Sangka, 4 Pesepak Bola Ini Punya Gelar Akademis yang Mumpuni!fcbayern.com

Robert Lewandowski merupakan salah satu penyerang hebat yang dimiliki Bayern Munich. Sudah 100 gol lebih berhasil diciptakannya selama memperkuat Die Roten.

Bomber Polandia juga ternyata tak hanya hebat dalam urusan menciptakan gol saja, karena dia juga berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di negaranya. Dia mampu lulus dengan gelar Pendidikan Fisik di Sekolah Olahraga Warsawa, Polandia dengan lama studi 10 tahun.

4. Henrikh Mkhitaryan

Siapa Sangka, 4 Pesepak Bola Ini Punya Gelar Akademis yang Mumpuni!twitter.com/Squawka

Kepiawaiannya menjadi gelandang di lapangan memang ditunjang kecerdasan yang dimiliki Mkhitaryan. Hal itu pula yang mengantarkannya meraih gelar diploma dari Institute of Physical Culture di Armenia, studi ekonomi dari St Petersburg Institute.

Tak hanya itu, mantan penggawa Arsenal yang tengah dipinjamkan ke AS Roma ini juga sempat mengikuti pelatihan untuk menjadi pengacara. Kepintarannya semakin tergambar karena lihai menggunakan lima bahasa internasional, yakni Inggris, Rusia, Prancis, Portugis, dan negaranya Armenia.

Baca Juga: Mkhitaryan di Simpang Jalan, Bertahan di Roma atau Pulang ke Arsenal

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya