Skenario Kelolosan Grup B Piala Menpora 2021, Persija Harus Menang

PSM paling ringan, Bhayangkara Solo FC butuh hasil imbang

Jakarta, IDN Times - Tiga penghuni Grup B Piala Menpora 2021, yakni PSM Makassar, Bhayangkara Solo FC dan Persija Jakarta, masih punya peluang yang sama besar lolos ke fase gugur. Secara matemastis, ketiganya masih bertarung secara sengit memperebutkan dua tiket ke perempat final.

Dari empat konestan yang tergabung di grup B, hanya Borneo FC saja satu-satunya tim yang dipastikan gugur di penyisihan. Maklum, mereka sudah mengalami dua kali kekalahan, yakni oleh Bhayangkara Solo FC 0-1 dan dibantai Persija empat gol tanpa balas. 

PSM masih memimpin klasemen sementara Grup B dengan raihan empat poin hasil dari sekali menang dan sekali imbang. Mereka unggul selisih gol dari Bhayangkara Solo FC yang berada di posisi kedua dengan raihan poin serupa. 

Sementara, tiga tim masih punya peluang yang sama besar untuk lolos. Berikut adalah hitung-hitungannya:

1. PSM punya peluang lebih mudah ke perempat final

Skenario Kelolosan Grup B Piala Menpora 2021, Persija Harus MenangPemain PSM Makassar Yakob Sayuri (tengah) melakukan selebrasi bersama Zulham Zamrun (kanan) dan Saldi (kiri) usai mencetak gol di gawang Bhayangkara Solo FC dalam pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Nah, di matchday terakhir PSM akan bersua Borneo FC dalam laga yang digelar pada 31 Maret 2021. Hampir dipastikan mereka berusaha mengejar kemenangan demi mengejar satu tiket lolos ke perempat final. Hal itu membuat mereka bisa meraih tujuh poin maksimal dan menjadikannya juara grup.

Jika imbang kontra Borneo FC, PSM sebetulnya masih bisa lolos ke fase selanjutnya. Mereka bakal bisa memiliki lima poin hingga akhir fase penyisihan. Jumlah tersebut masih bisa mengantarkan mereka lolos sebagai juara grup, asal duel Bahayangkara Solo FC melawan Persija berakhir imbang.

Namun, jika salah satu dari Persija atau Bhayangkara bisa meraih kemenangan, PSM bakal lolos ke fase selanjutnya sebagai runner-up. Setidaknya itu jadi kemungkinan terburuk yang mereka raih di laga terakhir.

Namun demikian, kekalahan bukan pilihan bagi PSM. Jika itu terjadi, nasib mereka bakal ditentukan duel Bhayangkara Solo FC melawan Persija.

Baca Juga: Klasemen Grup B Piala Menpora 2021: Neraka Makin Panas

2. Bhayangkara Solo FC cukup bermain imbang untuk lolos

Bhayangkara Solo FC sebetulnya punya peluang serupa dengan PSM di laga terakhir. Peluang mereka pun masih sama besarnya untuk memperebutkan satu tiket lolos ke perempat final. Hanya saja, tiga poin di laga terakhir melawan Persija yang bisa menjamin mereka lolos dari Grup B.

Jika bermain imbang, Bhayangkara Solo FC posisinya masih cukup aman. Evan Dimas dan kolega masih bisa lolos dengan status juara grup atau runner-up tergantung laga antara PSM melawan Borneo FC.

Jika kalah dari Persija, nasib Bhayangkara Solo FC untuk lolos sangat kecil. Mereka bisa lolos asalkan PSM kalah dengan skor besar dari Borneo FC di laga terakhir, sehingga bisa unggul selisih gol.

3. Hanya kemenangan yang membuat Persija selamat

Skenario Kelolosan Grup B Piala Menpora 2021, Persija Harus MenangDokumentasi Persija Jakarta / Bek Persija Jakarta, Marco Motta (kanan), merayakan gol ke gawang Borneo FC

Jika Persija menang melawan Bhayangkara Solo FC, hampir dipastikan langkahnya bakal terus berlanjut di Piala Menpora 2021. Namun, jika Persija bermain imbang atau kalah, Bhayangkara FC yang bakal melaju ke babak selanjutnya.

Skuat Macan Kemayoran memang tak diberikan pilihan lain kecuali meraih tiga poin di laga terakhir. Sebab, jika imbang mereka hanya akan mendapatkan empat poin saja di akhir babak penyisihan.

Walau PSM kalah dan memiliki poin serupa dengan Persija, tim asal Makassar itu masih lebih berhak melaju ke perempat final karena masih unggul head to head atas Persija.

Baca Juga: Permalukan Persija, PSM Sebut Tak Ada Rahasia Khusus

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya