Comscore Tracker

Skenario Terbaik bagi Bali United Jika Ingin jadi Kampiun Liga 1 2019

Bali United butuh empat kemenangan untuk jadi juara Liga 1

Jakarta, IDN Times - Bali United paling punya kans untuk jadi kampiun Shopee Liga 1 2019. Mereka sudah unggul jarak poin yang lebar dengan para pesaing di klasemen sementara hingga berakhirnya pekan ke-28.

Sejauh ini, Serdadu Tridatu sudah mengoleksi 57 poin dari 17 kemenangan, 6 imbang, dan 5 kali kalah. Sedangkan empat tim secara berurutan tertinggal jauh, seperti Borneo FC (45), Persipura (44), Madura United (44), dan PSM Makassar (42).

1. Jika menang dalam empat laga ke depan, poin Bali United tak akan bisa dilampaui

Skenario Terbaik bagi Bali United Jika Ingin jadi Kampiun Liga 1 2019Stefano "Teco" Cugurra, pelatih Bali United. IDN Times/Tunggul Kumoro

Kalau menilik Liga 1 yang tinggal menyisakan enam pekan lagi, Bali United hanya membutuhkan empat kemenangan untuk pastikan diri menjadi juara musim ini karena bisa kumpulkan 69 poin.

Itu sudah cukup membuat Bali United tak tertandingi musim ini. Walau secara matematis, mereka maksimal bisa mengoleksi75 poin.

Sebab, torehan poin saingan terdekatnya, Borneo FC, tak bisa melampaui itu. Andai bisa memenangkan enam laga sisa, Borneo hanya bisa mengumpulkan 63 poin. Sedangkan, Persipura dan PSM sama-sama bisa meraih poin maksimal 62. Jelas posisi mereka bakal tergantung bagaimana performa Bali United ke depan.

Baca Juga: 9 Laga Menuju "Garis Finish", Bali United di Ambang Juara Liga 1 2019?

2. Bali United relatif punya lawan yang tak terlalu berat jika dibandingkan pesaing terdekatnya di Liga 1

Skenario Terbaik bagi Bali United Jika Ingin jadi Kampiun Liga 1 2019Gelandang bali United, Melvin Platje yang tampil baik untuk timnya di Liga 1 2019. liga-indonesia.id

Wajar, peluang Bali United terbuka lebar. Mereka diuntungkan karena memainkan laga kandang saat bersua tim berat seperti Persib di partai krusial.

Apalagi, mereka juga bakal menjamu pesaing terdekatnya Persipura di Stadion I Wayan Dipta pada 8 Desember 2019 dan Madura United pada laga terakhir. Motivasi tampil di hadapan publiknya sendiri membuat peluang meraih tiga poin di atas angin.

Sementara , sang lawan harus berjuang menghadapi calon juara dan laga-laga berat. Borneo FC misalnya, harus bentrok dengan Bali United. Belum lagi mereka bakal bersua tim kuda hitam TIRA-Persikabo dan tim yang tengah bangkit pada putaran kedua, Persib.

3. Namun, Bali United sudah tiga laga tak bisa meraih kemenangan

Skenario Terbaik bagi Bali United Jika Ingin jadi Kampiun Liga 1 2019twitter.com/baliutd

Persipura juga mengalami hal serupa. Mereka menyisakan laga-laga super berat kontra tuan rumah Persija, Bali United, dan Borneo FC. Hal itu sedikit membuat Jacksen F. Tiago lebih realistis dalam bersaing memperebutkan gelar juara.

Namun, itu hanya hitung-hitungan matematis saja. Sebab, dalam sepak bola semua kemungkinan bisa terjadi. Apalagi Fadil Sausu dan kolega tengah menghadapi periode buruk lantaran tak pernah menang dalam tiga laga terakhirnya.

Bali United tak pernah menang tiga pekan ini lantaran hanya bermain imbang kontra Persela Lamongan (1-1), 0-0 melawan PSS Sleman, dan berakhir 2-2 kala bentrok dengan Persipura.

Baca Juga: Pelatih Bali United Puji Penampilan Gemilang Kiper PSM Makassar

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You