Spalletti Sukes Antar Napoli Juara, tapi Diisukan Cabut dari Naples

Spalleti bersitegang dengan pemilik Napoli?

Jakarta, IDN Times - Usai membawa Napoli juara Serie A 2022/23, pelatih Luciano Spalletti dirumorkan bisa hengkang musim depan. Hal itu terjadi usai hubungannya dengan pemilik klub Aurelio De Laurentiis memanas.

Hubungan keduanya tercium memanas usai Spalletti tak dibawa dalam konferensi pers soal rencana Napoli musim depan pada Kamis, 18 Mei 2023. Dia tak diberi tahu oleh De Laurentiis, yang lebih memilih ajak pelatih kiper Alex Meret.

Dikutip Il Corriere, De Laurentiis bahkan tak menyinggung soal Spalletti. Hal itu dinilai aneh, karena pelatih kepala yang biasanya punya rencana tim dan kebijakan transfer untuk menghadapi musim baru. 

1. Luciano Spalletti terlibat konflik dengan pemilik Napoli

Spalletti Sukes Antar Napoli Juara, tapi Diisukan Cabut dari NaplesPotret pelatih Napoli Luciano Spalletti dalam Konfersi Pers menjelang laga (Instagram.com/officialsscnapoli)

Rumor konflik antara Spalletti dan De Laurentiis disebut mulai terjadi usai Napoli menjadi juara. Sebab, ada tuntutan dari pelatih asal Italia itu untuk kenaikan gaji untuknya usai membawa tim sukses musim ini. Dia berharap juga diganjar kontrak baru.

Sementara, kontrak Spalletti sebetulnya berakhir pada musim panas mendatang. Klausul perpanjangan kontrak sampai 2024 aktif otomatis usai berhasil membawa Napoli juara Serie A. Namun, tak ada keharusan manajemen menambah gajinya di tahun terakhir itu.

Hal itu membuat Spalletti kesal dengan De Laurentiis. Terlebih, dia tak mendapatkan informasi itu secara langsung dari pemilik Napoli.

Baca Juga: Luciano Spalletti Catat Rekor Usai Antar Napoli Juara

2. Napoli di bawah arahan Spalletti tampil menakutkan

Spalletti Sukes Antar Napoli Juara, tapi Diisukan Cabut dari Naplespotrer Luciano Spalletti (twitter.com/Inter)

Napoli di bawah nahkoda Spalletti begitu garang musim ini. Victor Osimhen dan kawan-kawan sukses mengukir 25 kemenangan dari 33 laga. Sisanya, mereka seri lima kali dan hanya menelan tiga kekalahan.

Catatan itu dilengkapi dengan ketajaman di lini depan, dan pertahanan yang kokoh. Dari 33 laga, Napoli sukses menceploskan 69 gol dan hanya 23 kebobolan. Selisih gol mereka tertinggi, di Serie A musim ini.

Luciano Spalletti juga memecahkan rekor usai membawa Napoli juara Serie A musim 2022/23. Juru taktik berpaspor Italia itu sah menjadi pelatih tertua, yang mampu meraih Scudetto dalam sejarah Serie A, yakni 64 tahun 58 hari.

3. Spalletti membuat rekor

Spalletti Sukes Antar Napoli Juara, tapi Diisukan Cabut dari NaplesLuciano Spalletti (uefa.com)

Pada musim 2022/2023 ini, Spalletti berada di ambang Scudetto pertamanya. Dalam perjalanannya, ia bahkan telah membawa Napoli memecahkan rekor. I Partenopei sukses mencapai 50 poin pada paruh musim Serie A untuk pertama kalinya.

Di Eropa, Napoli juga mencatat rekor musim ini. Mereka sukses mencapai babak perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya. Jika Napoli terus melaju hingga babak-babak selanjutnya, itu pun akan tercatat sebagai rekor baru.

Rekor pribadi pun telah diraih Spalletti musim ini. Saat mengalahkan Salernitana pada pekan ke-19 Serie A 2022/2023, ia meraih kemenangan ke-276 di Serie A. Luciano Spalletti resmi menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak di Serie A sejak era kemenangan bernilai tiga poin.

Baca Juga: Napoli Pagari Luciano Spalletti, Gajinya Naik 2 Kali Lipat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya