Comscore Tracker

Sua Jokowi di Bangkok, Presiden FIFA: Indonesia Layak Jadi Tuan Rumah

Indonesia tengah berbenah menuju Piala Dunia U-20 2021

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyempatkan diri untuk bersua orang nomor satu federasi sepakbola dunia, FIFA, Gianni Infantino, pada sela-sela kesibukannya menghadiri sidang pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Impact Exhibition & Convention Center di Bangkok, Thailand, Sabtu (2/11).

Pertemuan keduanya dihelat di The Boardroom Hotel Grand Hyatt Erawan, Bangkok. Berbagai hal pun dibicarakan terkait perkembangan sepakbola Indonesia sampai persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

“Sepakbola adalah sarana memperkuat rasa kesatuan dan kebangsaan rakyat Indonesia. Prestasi dalam sepakbola Indonesia selalu menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia,” ujar mantan Wali Kota Solo tersebut dalam rilis yang diterima IDN Times.

1. Jokowi ucapkan terima kasih kepada FIFA

Sua Jokowi di Bangkok, Presiden FIFA: Indonesia Layak Jadi Tuan RumahDok. Biro Pers Kepresidenan

Terkait kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia, Jokowi memberikan apresiasi kepada FIFA yang telah mempercayai Indonesia sebagai host.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 pada tahun 2021,” ujar dia.

Baca Juga: Iwan Bule Jadi Ketum PSSI, Presiden FIFA Langsung Ucapkan Selamat 

2. Indonesia langsung berbenah untuk Piala Dunia U-20 2021

Sua Jokowi di Bangkok, Presiden FIFA: Indonesia Layak Jadi Tuan RumahANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/ama

Jokowi pun memastikan bahwa pemerintah kini tengah mempersiapkan segalanya dalam turnamen sepakbola antar-negara terakbar dunia, termasuk berkoordinasi dengan PSSI terkait berbagai macam kebutuhan teknis sebagai tuan rumah

“Kami akan bekerja keras menjamin Piala Dunia U-20 di Indonesia berlangsung sukses dan lancar. Kami telah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan Asian Games dan juga Asian Para Games 2018,” ujar Jokowi.

Lebih jauh, ia membeberkan bahwa Indonesia tengah mempersiapkan 10 stadion untuk turnamen tersebut. Stadion-stadion itu tersebar dalam beberapa pulau besar di Indonesia, di antaranya Sumatra, Jawa, dan Bali sebagai lokasi pertandingan.

3. Gianni ungkap alasan FIFA tunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia

Sua Jokowi di Bangkok, Presiden FIFA: Indonesia Layak Jadi Tuan RumahDok. Biro Pers Kepresidenan

Di sisi lain, Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengungkapkan alasan di balik pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah. Menurut dia, Indoneesia merupakan negara besar yang memiliki potensi terbaik di dunia bal-balan dunia. Tak pelak, FIFA pun tidak ragu memilih Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia.

“Tentunya kami yakin Indonesia sebagai negara besar dengan 267 juga penduduk, dapat menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi didukung oleh 200 juta fans sepakbola ini penting bagi kami,” tutur Gianni.

Selain itu, Gianni juga menyebut arti penting dalam sepakbola yang disebutnya bukan sekadar olahraga semata.

“Tapi juga memberikan edukasi, tentang kehidupan, dan juga bagaimana belajar memberikan respek,” tukas Gianni.

Baca Juga: La Nyalla: FIFA Bisa Batalkan Status Tuan Rumah Piala Dunia Indonesia

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya